Indra Sjafri Bakal Lanjut Tugas ke Asian Games usai Timnas Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023, Bagaimana dengan STY?
Pelatih Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023, Indra Sjafri. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memberikan bocoran soal pelatih yang bakal menangani skuad timnas untuk Asian Games. Ia menetapkan Indra Sjafri untuk melatih Timnas Indonesia U-23 di Asian Games, sementara Shin Tae-yong jadi juru taktik untuk timnas senior yang akan tampil di Piala Asia.

Pernyataan itu disampaikan Erick Thohir setelah ikut mengawal kirab kemenangan timnas U-23 di SEA Games 2023. Dalam keterangan yang diberikan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Jumat, 19 Mei sore, Erick Thohir juga menjelaskan agenda terdekat yang bakal dijalani timnas secara keseluruhan.

"Saya ingin memberi kesempatan kepada coach Indra (Sjafri) dan para pemain SEA Games untuk tampil di Asian Games. Jadi bukan untuk Asian Games, tetapi juga ada kualifikasi kejuaraan dunia (Piala Dunia) untuk 2026 yang dimulai Oktober dan November. Lalu kita mau training camp tiga minggu pada Desember untuk Piala Asia 2023,” katanya dalam kesempatan itu.

"Alhamdulillah saya punya dua coach jagoan. Kita bagi tugas, coach Shin Tae-yong akan yang itu (Piala Asia) dan coach Indra yang satunya (Asian Games). Saya sudah bicara dengan keduanya dari hati ke hati ya kita harus kompak harus bersatu," ujar Erick Thohir membeberkan.

Keberhasilan timnas U-22 di SEA Games yang memecah sejarah penantian selama 32 tahun jelas membanggakan. Tapi Erick Thohir tak lantas menaruh target lebih tinggi, namun ia menyebut momen ini jadi ajang tepat untuk memperbaiki kualitas.

“Kita meningkatkan kualitas tim nasional. Dan kalau kita bilang mau juara Asian Games, AFC, terlalu muluk-muluk," tutur Erick.

"Tetapi kalau kita bisa memenuhi AFC, di kualifikasi kejuaraan dunia kita bisa meningkatkan ranking tim nasional, kan bagus. Asian Games kan bagus pengalaman pemain yang muda kita supaya lebih bagus lagi," sambungnya.