Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-22 sukses menuntaskan misi merebut medali emas SEA Games yang sudah lama dinanti. Skuad Garuda merebut medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah mengalahkan Thailand di final.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, turut berbangga atas hasil yang diraih di Kamboja. Ia bahkan turun langsung dalam momen arak-arakan kemenangan Garuda Muda yang berlangsung di Jakarta, Jumat 19 Mei pagi WIB.

Para pemain Timnas U-22 tiba di Tanah Air pada Kamis, 18 Mei malam WIB di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Marselino Ferdinan dkk pulang dengan kepala tegak sebab berhasil keluar sebagai pemenang.

Tim asuhan Indra Sjafri itu bukan cuma pulang membawa medali emas tapi juga sekaligus memecahkan sejarah bagi bangsa Indonesia. Kemenangan 5-2 atas Thailand di final itu menyudahi puasa gelar cabor sepak bola di SEA Games selama 32 tahun.

Hasil ini jelas menjadi hal yang membanggakan dan patut dirayakan. Erick Thohir bahkan mengatakan pencapaian ini menjadi awal mula revolusi sepak bola Tanah Air.

"Revolusi mental kita mulai dari sepak bola, habis itu revolusi mental untuk Indonesia,” kata Erick Thohir saat menyambut kehadiran Timnas U-22 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) selesai arak-arakan.

Tak mau terbuai dengan kesuksesan timnas di ajang SEA Games, Erick Thohir mengatakan bahwa setelah ini masih banyak tugas yang menanti timnas salah satunya adalah persiapan untuk tampil di Asian Games.

"Habis ini kami akan siapkan tim ini untuk tim Asian Games di Guangzhou," tutur Erick menambahkan.