Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di partai final, Selasa, 16 Mei. Ini merupakan gelar pertama Indonesia sejak 1991.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberi apresiasi atas seluruh keringat, kerja keras, hingga pengorbanan yang dilakukan oleh skuat tim U-22. Mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial.

Erick mengaku terharu melihat bagaimana para pemain jatuh bangun dan tak mengenal lelah sepanjang laga. Menurutnya Indonesia telah dibuat bangga oleh perjuangan, pengorbanan, dan keteguhan mental pemain hingga pluit akhir.

"Ini adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Hari ini kita satu, mulai dari penonton di stadion hingga seluruh rakyat pelosok Indonesia yang menyaksikan di layar kaca menyatu bersama pemain di atas lapangan. Satu doa, satu harapan, dan satu kebahagiaan," ujar Erick.

Erick mengatakan hasil ini adalah titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia untuk menggapai asa lebih tinggi.

"Emas SEA Games ini akan menjadi titik awal. Timnas akan terus meningkatkan diri, mengasah kemampuan. Karena target kita bukan berhenti di Kamboja," tutur Menteri BUMN itu.

"Namun, Kamboja adalah awal dari perjalanan sepak bola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula," pungkas mantan presiden klub Intet Milan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Garuda Muda tidak memperoleh kemenangan atas Thailand dengan mudah. Setelah unggul 2-0 pada babak pertama, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 menjelang waktu normal usai.

Namun Indonesia kemudian mampu mengamankan medali emas berkat tiga gol tambahan pada masa tambahan waktu.