Profil Keisuke Honda Pemain Legendari Jepang, Jadi Pelatih Kamboja di SEA Games 2023
Mantan pelatih Kamboja di SEA Games 2023, Keisuke Honda (Instagram)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemain legendaris Jepang Keisuke Honda tengah menjadi sorotan pada Sea Games 2023 karena dirinya menjadi pelatih timnas tuan rumah. Sayangnya tim asuhannya harus tumbang di kandang sendiri dalam laga persaingan menuju babak semifinal. Banyak orang yang penasaran dengan profil Keisuke Honda yang pernah bersinar di Eropa. 

Keisuke Honda pernah bermain di beberapa klub di Eropa. Honda sempat menjadi salah satu pemain Asia yang cukup diperhitungkan karena penampilannya yang gemilang. Pada tahun 2021, Honda memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola. 

Setelah pensiun, Keisuke Honda mencoba berkarier di dunia kepelatihan. Mantan pemain Jepang inipun dipercaya untuk melatih Timnas Kamboja. Lantas seperti apa profil Keisuke Honda?

Profil Keisuke Honda

Nama Keisuke Honda tentunya sudah tidak asing di kalangan penggemar sepak bola. Honda merupakan salah satu pemain Jepang yang berhasil mendapatkan panggung di sepak bola Eropa. Honda merupakan sosok pemain yang kreatif, kuat, dan punya skill mumpuni. 

Keisuke Honda lahir di Prefektur Osaka pada 13 Juni 1986. Honda lahir di keluarga yang menggemari olahraga. Ia punya kakak laki-laki seorang pesepak bola profesional yaitu Hiroyuki Honda. Honda sudah bersentuhan dengan dunia sepak bola sejak kecil dan bermimpi menjadi pemain sepak bola. 

Honda mulai intens menggeluti sepak bola ketika usia 8 tahun. Ia bergabung dengan akademi sepak bola lokal Settsu. Seiring berjalannya tahun, Honda pun bermain di level yang lebih tinggi. Ia pernah bermain untuk tim Junior Gamba Osaka. Pada tahun 2005, Honda pernah terpilih untuk masuk di Nagoya Grampus di J1 League. 

Perjalanan karier Keisuke Honda

Keisuke Honda memulai karier di Eropa pada tahun 2008. Honda bergabung dengan VVV-Venlo tim asal Belanda. Namun pada enam bulan pertama, klub yang ia bela justru turun ke divisi dua. Pada musim 2008/2009, Honda dapat membuktikan performa baiknya. Ia berhasil menorehkan 16 gol dari 36 pertandingan. 

Berkat aksi memukaunya di lapangan hijau, Keisuke Honda mulai dilirik oleh klub-klub lain Eropa. Pada tahun 2009, klub asal Rusia CSKA Moscow mendatangkan Honda dengan biaya transfer sebesar Rp6 juta euro. Pemain berjuluk “Emperor Keisuke” tersebut dikontrak selama 4 tahun. 

Pada tahun 2014, Honda mulai bermain untuk klub raksasa Italia yakni AC Milan. Hondra tampil di AC Milan dengan kontrak tiga tahun. Setelah kontraknya selesai, Honda memutuskan pindah ke klub Meksiko pada tahun 2017. Sebelum pensiun, Honda pernah bergabung dengan sejumlah klub Eropa lainnya. 

Demikianlah profil Keisuke Honda pemain legendaris Jepang yang kini berkarier sebagai pelatih. Pada SEA Games 2023, Honda menjadi pelatih timnas Kamboja. Namun Honda sudah tidak menjadi pelatih Kamboja per 11 Mei 2023 setelah anak asuhnya kala di kandang sendiri. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.