Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand di final cabor sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, Selasa, 16 Mei. Dua gol Ramadhan Sananta dan satu dari Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra mengantarkan Tim Merah Putih menang 5-2.

Kemenangan ini mengakhiri kutukan Indonesia yang tak pernah meraih medali emas SEA Games sejak 1991. 

Indonesia mencetak gol pada menit ke-21. Berawal dari lemparan jauh Alfeandra Dewangga ke dalam yang dilakukan nomor 19, Ramadhan Sananta menanduk bola yang gagal diantisipasi para pemain belakang Thailand.

Sananta mencetak kedua pada masa injury time. Gol ini terbilang indah. Dia melakukan tendangan lob dari luar kotak penalti.

Berawal dari tendangan jauh Rizki Ridho, bola hasil tendangan first time Sananta tersebut tak mampu dibendung kiper Thailand.

Thailand memperkecil kedudukan pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-66. Meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan rekannya, Anan Yodsangwal menanduk bola dan membobol gawang Indonesia.

Thailand terus menggempur pertahanan Skuad Garuda. Namun, pertahanan rapi tim asuhan Indra Sjafri masih mampu meredamnya.

Pada menit tambahan babak kedua, Thailand mendapatkan peluang emas. Namun, upaya pemain Negeri Gajah Putih mampu diantisipasi kiper Indonesia, Ernando Ari.

Kemenangan yang sudah di depan mata Indonesia buyar pada menit ke-90+8. Blunder yang dibuat Rio Fahmi membuat Thailand mampu mencetak gol penyama kedudukan yang dibuat Yotsakon.

Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan setelah kedua tim masih sama kuat 2-2.

Indonesia kembali unggul pada awal babak tambahan, tepatnya menit ke-91. Tendangan pemain pengganti Irfan Jauhari membuat bola meluncur deras ke dalam gawang Thailand.

Terjadi kericuhan setelah gol Irfan, manajer timnas, Sumardji, jadi korban pemukulan. Wasit pun mengeluarkan kartu merah untuk pihak Indonesia dan juga Thailand.

Pada babak tambahan kedua, Indonesia menambah dua gol.  Fajar Fathur Rahman membobol gawang Thailand pada menit ke-105.

Lalu gol Beckham Putra menutup pesta kemenangan Timnas Indonesia U-22.

Susunan pemain Timnas Indonesia:

Ernando Ari, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Haykal Alhafiz, Alfeandra Dewangga, Muhammad Taufany, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman