Bagikan:

JAKARTA - Indonesia terus bersiap demi memberikan penampilan terbaik setelah resmi ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Dalam persiapan yang terus berlangsung, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan PSSI meminta FIFA agar segera berkunjung ke Indonesia.

Kata Dito permintaan itu disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir agar FIFA bisa meninjau dan untuk kemudian menentukan stadion yang digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17. Pasalnya hingga Selasa, 18 Juli, belum ada informasi pasti kapan FIFA datang, maka dari itu PSSI telah bersurat agar Federasi Sepak Bola Internasional ini bisa segera menyambangi Tanah Air.

“Nah, ini kita (pemerintah dan PSSI) sedang menunggu feed back dari FIFA. Tetapi PSSI, pak Erick Thohir sudah bersurat untuk meminta FIFA sesegera mungkin (ke Indonesia) agar persiapannya (Piala Dunia U-17) mantab,” kata Dito Ariotedjo saat ditanya soal persiapan Piala Dunia U-17.

Terkait persiapan stadion yang bakal dijadikan venue Piala Dunia U-17 mendatang, PSSI telah menyiapkan delapan lokasi. Itu dilakukan setelah FIFA resmi menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah pada Juni lalu menggantikan Peru yang mudur.

Namun, satu bulan setelah keputusan dan persiapan yang terus dilakukan Indonesia, FIFA belum juga menyambangi Tanah Air. Padahal kepastian penentuan venue penting bagi Indonesia, mengingat agenda akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember yang kian dekat.

Sementara itu pemerintah dan PSSI juga telah membahas dalam rapat terbatas (ratas) soal persiapan Piala Dunia U-17 2023. Satu hal penting yang dibahas dalam rapat tersebut adalah soal anggaran.

PSSI mengajukan dana penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 sekitar Rp400 miliar, tapi dengan adanya sisa anggaran Piala Dunia U-20 sebesar Rp250 miliar maka dana yang diajukan pada pemerintah tak terlalu besar.

“Sebenarnya dari PSSI itu tambahannya tidak banyak. Untuk anggaran ini tidak jauh sama Piala Dunia U-20. Hanya saja dari yang U-20 kemarin sudah terpakai, jadi tambahannya di sekitar Rp100 sampai Rp150 miliar,” kata Dito menjelaskan.

Untuk skuad timnas U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 bakal ditangani oleh Bima Sakti. Sejaujh ini perkembangannya sudah sampai pada agenda pemusatan latihan di Jakarta. Pada saat bersamaan PSSI juga terus menggelar seleksi nasional di 12 provinsi untuk mencari bakat pemain.