Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, memastikan Indonesia sudah teken kerja sama dengan Singapura ihwal bidding tuan bersama untuk Piala Dunia FIFA U-20 2025.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan antara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS).

"Jadi, tahap yang hari ini sudah dilakukan adalah tanda tangan kerja sama antara PSSI dan FAS. Setelah itu dilanjutkan (dengan pengiriman) letter of intent ke FIFA," ujar Dito di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023.

Letter of intent ini masih bersifat penjajakan. Masih ada proses lanjutan setelah itu termasuk kesepakatan antara kedua negara sebelum melanjutkan bidding resmi ke FIFA.

Menpora mengatakan bahwa saat ini Indonesia dan Singapura terus berkoordinasi untuk mematangkan semua persiapan.

"Jadi, sekarang kami menunggu Menpora Singapura karena baru kemarin sore (4 Desember 2023) antara federasi Singapura dan Kementerian Olahraga Singapura rapat visibility (kejelasan)," kata dia.

"Pastinya nanti ada kesepakatan resmi antara pemerintah dengan pemerintah setelah itu seperti biasa balik ke bidding FIFA," imbuhnya.

Indonesia sendiri baru selesai menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Penyelenggaraan ajang ini berlangsung di empat kota berbeda, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Surakarta.

Sebelumnya, Indonesia pernah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, ajang itu batal dihelat di sini lantaran adanya penolakan terhadap Timnas Israel.