Bagikan:

 YOGYAKARTA – Biaya datangkan Timnas Indonesia ke Indonesia sedang ramai dibahas. PSSI sendiri sudah memastikan bahwa bentrok Timnas Indonesia vs Argentina pada FIFA Matchday akan dipentaskan pada Kamis, 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Masyarakat yang ingin menyaksikan laga ini dapat membeli tiket pada 5 Juni mendatang.

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan PSSI untuk mendatangkan Timnas Argentina ke Tanah Air?

Biaya Datangkan Timnas Argentina

Dikutip Dari New York Times, Argentina menjadi tim nasional paling mahal di sepak bola internasional sejak meraih trofi Piala Dunia 2022.

Media Amerika Serikat itu mengatakan, tarif untuk satu pertandingan melawan Argentina hingga biaya minimal mencapai 5 juta dolar AS atau setara Rp73,4 miliar.

Kunjungan timnas Argentina ke Indonesia turut diklaim sebagai ‘hadiah’ timbal balik Argentina setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Diketahui, ajang Piala Dunia U-20 2023 sedianya akan digelar di Indonesia. Akan tetapi, FIFA selaku induk sepak bola internasional mencoret Indonesia sebagai host karena adanya penolakan terhadap Timnas Israel.

Respon Erick Tohir Soal Biaya Datangkan Argentina Rp73 Miliar

Ramainya pemberitaan soal biaya datangkan Timnas Argentina ke Indonesia direspon oleh Ketum PSSI, Erick Tohir.

"Kita jangan hiruk pikuk mengenai berapa dibayar, tadi itu emang enggak percaya sama PSSI. Seakan-seakan PSSI tuh miskin gitu. Ini yang di depan [pengurus PSSI] ini bukan kaleng-kalengan," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Rabu, 24 Mei 2023 kemarin.

Erick lantas meminta masyarakat untuk tidak membicarakan jumlah uangnya. Melainkan, fokus terhadap pembentukan mental Timnas Indonesia.

"Jangan bicara uang. Kalian yakin kita sedang membangun PSSI transparan, kita yakini ini bukan hanya komersial tetapi pembangunan mental buat tim nasional. Harganya tidak bisa dihitung dengan uang,” ucap Erick.

Dia menambahkan, tarif mengajak Argentina berlaga bisa dilihat dalam buku audit PSSI yang bisa diakses di kemudian hari.

"Buku PSSI setiap tahun diaudit. Nanti bisa dilihat pengeluaran buat tim nasional berapa, pengeluaran buat ini berapa, nanti diaudit. Yang audit juga enggak kaleng-kalengan, Ernst & Young, biar semua transparan," terang Erick.

Sekedar Informasi tambahan, Argentina akan jadi lawan uji coba kedua Timnas Indonesia pada agenda FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 Juni. Sebelum menantang Albiceleste, tim asuhan Shin Tae Yong akan lebih dulu menjajal Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, 14 Juni.

Demikian informasi tentang biaya datangkan Timnas Argentina ke Indonesia. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.