Ada Peran Javier Zanetti di Balik Kedatangan Argentina ke Indonesia
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bersama Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Legenda Inter Milan, Javier Zanetti, memiliki peran penting dalam upaya PSSI mendatangkan timnas Argentina untuk FIFA Matchday melawan Indonesia pertengahan bulan depan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam konferensi pers penunjukkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 2024 dan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu, 24 Mei 2023 siang WIB.

Erick menggunakan koneksinya dengan Oltre Consulting Account Tim Nasional Argentina Maria Cristina Russo. Selain itu dia juga memanfaatkan hubungan baik dengan Zanetti saat menjadi presiden Inter Milan.

"Saya terima kasih juga sama Cristina. Dia teman saya lama di Italia. Saya juga minta tolong Javier Zanetti. [Kami sama-sama] di Inter Milan juga dulu. Jadi, ada pihak ketiga," kata Erick.

Pertandingan antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina resmi akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 19 Juni nanti. Perwakilan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) sudah melihat venue itu.

Duel antara juara dunia dengan skuad Garuda ini pun sudah masuk di dalam kalender induk sepak bola internasional FIFA. Ini menjadi salah satu pertandingan yang menarik banyak atensi dari pecinta sepak bola nasional.

Menurut sejumlah laporan, PSSI kemungkinan harus mengeluarkan biaya 70 miliar rupiah untuk bisa mendatangkan Lionel Messi dan kawan-kawan. Namun, detail biaya sampai saat ini belum dijabarkan oleh PSSI.

Erick mengatakan, mendatangkan tim kuat seperti Argentina bertujuan untuk mengukur kemampuan sekaligus mempersiapkan Pasukan Garuda untuk menghadapi beberapa acara di waktu mendatang.

"Banyak kejuaraan tahun ini, salah satunya sesuai komitmen Bapak Presiden kita akan membentuk core pembangunan timnas berdasarkan pemain muda untuk melihat kualifikasi Piala Dunia ke depan," kata dia.

Tim nasional Argentina sampai saat ini belum memastikan apakah akan membawa bintang mereka Messi atau tidak. Datang atau tidaknya pemilik tujuh Ballon d'Or tersebut diserahkan PSSI kepada AFA.