Piala Dunia U-20: Argentina Memanfaatkan Betul Kesempatan Jadi Tuan Rumah Menggantikan Indonesia
Timnas Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Dua tim sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 2023. Dua tim tersebut adalah tuan rumah Argentina dan Amerika Serikat.

Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 2023 setelah menang 3-0 atas Guatemala dalam pertandingan ke-2 di Estadio Único Madre de Ciudades, Rabu, 24 Mei, dini hari WIB.

Amerika Serikat juga memastikan diri melaju ke 16 besar setelah menang tiga gol tanpa balas melawan Fiji di San Juan Del Bicentenario.

Pada pertandingan Grup A, Argentina membuka keunggulan pada menit ke-16 berkat sundulan Alejo Veliz di kotak penalti setelah menerima bola hasil umpan silang Mateo Tanlongo.

Gol kedua baru terjadi selepas jeda istirahat atau menit ke-64 lewat tendangan jarak jauh pemain pengganti Luka Romero. Tim tuan rumah mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-90+7 setelah Maximo Perrone menyambar bola rebound hasil tendangan Ignacio Maestro Puch.

Pada pertandingan lain, Selandia Baru bermain imbang 2-2 melawan Uzbekistan di stadion yang sama. Uzbekistan tertinggal dua gol dari Selandia Baru melalui gol Ben Wallace pada menit ke-23 dan Jay Heardman pada menit ke-41.

Uzbekistan berhasil mengejar ketertinggalan pada menit ke-51 lewat gol yang dicetak Abbosbek Fayzullayev sebelum menyamakan kedudukan pada menit ke-90+3 lewat upaya Sherzod Esanov. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Argentina sementara menempati peringkat pertama Grup A dengan perolehan enam poin dan diikuti Selandia Baru dengan torehan empat poin. Namun, penentuan juara grup dan runner-up baru akan diketahui pada pertandingan terakhir.

Sementara itu di Grup B, Ekuador membuka asa untuk lolos dari fase grup setelah menang atas Slovakia 2-1 dalam pertandingan yang berlangsung di San Juan Del Bicentenario, San Juan.

Slovakia lebih dulu membuka keunggulan lewat gol Mate Szolgai pada menit ke-23 sebelum babak pertama berakhir Ekuador menyamakan kedudukan. Permainan operan cepat dituntaskan dengan tendangan Justin Cuero di kotak penalti.

Gol kemenangan Ekuador tercipta pada babak kedua atau menit ke-59 lewat tendangan spektakuler Jose Klinger dari luar kotak penalti. Ekuador mengamankan tiga poin pertama mereka.

Ekuador kini menyamai perolehan Slovakia dengan tiga poin dari dua laga. Keduanya masih berkesempatan finis di dua besar tergantung hasil dari pertandingan terakhir.

Pada pertandingan lainnya, Amerika Serikat berhasil mengamankan kemenangan kedua mereka setelah menghajar timnas Fiji dengan skor 3-0.

Tiga gol Amerika Serikat baru terjadi pada babak kedua. Diego Luna membuka skor pada menit ke-66, gol kedua diciptakan oleh Cade Cowell pada menit ke-88 sebelum Caleb Wiley menutup pertandingan dengan gol ketiga Amerika Serikat di masa injury time.

Amerika Serikat dipastikan lolos ke babak 16 besar, tetapi masih menunggu hasil pertandingan terakhir untuk menentu​​​​​​​kan timnya yang menjadi juara grup atau runner-up. Sedangkan Fiji dipastikan tersingkir.

Hasil pertandingan pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB) seperti disiarkan laman resmi FIFA:

Amerika Serikat 3-0 Fiji

Uzbekistan 2-2 Selandia Baru

Ekuador 2-1 Slovakia

Argentina 3-0 Guatemala