Bagikan:

JAKARTA - Argentina disebut tertarik mengajukan diri menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sebagai langkah cepat, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dilaporkan telah bersurat ke FIFA terkait kesediaan mereka.

Sebelumnya diketahui, Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni. Namun belakangan tersiar kabar soal potensi pembatalan agenda tersebut di Indonesia.

Kabar ini muncul seiring dengan keputusan FIFA yang membatalkan agenda drawing atau undian Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret.

Keputusan FIFA ini diyakini terkait penolakan sejumlah pihak, termasuk Gubernur Bali I Wayan Koster, terhadap kehadiran dan partisipasi tim Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Dikutip dari media Argentina, Dobleamarilla pada Senin, 27 Maret, potensi Indonesia dicoret sebagai tuan rumah membuat Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) bertindak cepat.

Mereka menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah pengganti. Keseriusan itu telah diperlihatkan dengan berkirim surat ke FIFA.

''AFA langsung bergerak cepat dan mengirimkan proposal penawaran kepada FIFA apabila Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis laporan tersebut.

“Penawaran ini sudah diajukan AFA sejak beberapa hari yang lalu, menyusul berbagai ketidakpastian terkait kelanjutan Indonesia sebagai tuan rumah,'' lanjut sumber menjelaskan alasannya.

Meski telah bersurat ke FIFA tapi Argentina tetap harus menunggu hasil dari upaya Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Sampai saat ini, PSSI masih terus melobi FIFA untuk kelanjutan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Nantinya, langkah PSSI tersebut dapat menentukan apakah Indonesia tetap menjadi tuan rumah, atau FIFA mempertimbangkan mengganti negara penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Argentina begitu bersemangat mengajukan diri menjadi tuan rumah pengganti karena alasan yang menggiurkan. Jika dikabulkan, mereka akan dapat keuntungan dengan tampil di putaran final Piala Dunia U-20.

Padahal sebelumnya timnas Argentina U-20 gagal lolos dari fase penyisihan grup Piala Conmebol U-20 2023, yang menjadi ajang penentuan tiket ke putaran final Piala Dunia U-20.