Undian Piala Asia U-23 Bakal Digelar AFC 25 Mei, Indonesia Masuk dalam Pot Khusus
Timnas Indonesia U-23. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi sepak bola Asia (AFC) menjadwalkan drawing Piala Asia U-23 pada 25 Mei 2023. Dalam agenda itu, Indonesia masuk dalam pot khusus.

Dari total 43 tim negara Asia yang menjadi anggota AFC, semua akan bertanding demi memperebutkan tiket ke putaran final. Seluruh anggota itu telah dibagi dalam 10 grup yang masing-masing berisi empat negara dan sisanya diisi tiga tim.

Setiap grup akan dimainkan di 11 negara yang sudah ditunjuk sebagai tuan rumah oleh AFC. Selain Indonesia, ada beberapa negara lainnya seperti Korea Selatan, Arab Saudi, Uzbekistan, Bahrain, China, Yordania, Kuwait, Tajikistan, Thailand, dan Vietnam.

"Pertandingan akan dilangsungkan terpusat dalam format round-robin satu leg, dengan 11 juara grup dan empat tim peringkat kedua terbaik di antara semua grup lolos ke Piala Asia U-23 2024," tulis pernyataan resmi AFC dikutip pada Selasa, 23 Mei.

Nantinya 11 juara grup dan empat runner-up terbaik bakal mendapatkan tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Piala Asia U-23 ini dijadwalkan berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

"Semua pertandingan yang melibatkan Qatar akan dianggap sebagai pertandingan persahabatan dan tidak diperhitungkan saat menghitung peringkat akhir grup. Dengan demikian, Qatar akan dianggap sebagai tim tanpa peringkat untuk tujuan penyemaian," kata AFC.

Berikut Pembagian Pot Negara untuk Undian Piala Asia U-23 :

Pot 1: Jepang, Australia, Iraq, Turkmenistan, Arab Saudi

Pot 2: Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura

Pot 3: Kirgistan, Palestina, Yemam, Timor-Leste, Chinese Taipei, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, China, Maldives, Oman

Pot 4: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Utara, Guam, Macau, Pakistan, Qatar

Hosts Pot: Bahrain, Tiongkok, Indonesia, Jordan, Korea Selatan, Kuwait, Saudi Arabia, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, Vietnam.