Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap dua pemain keturunan Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven turun di laga Indonesia vs Irak maupun Indonesia melawan Filipina dalam kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Harapan ini disampaikan Menpora usai Komisi X DPR menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atau naturalisasi untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven. 

"Ya pastinya ini dari proses di DPR Paripurna itu akan dinantikan pengambilan sumpah. Dan kita juga berharap nanti bisa mengejar pertandingan laga Irak maupun Filipina," ujar Dito di gedung DPR, Jakarta, Senin, 3 Juni. 

Menurutnya, Calvin Verdonk dan Jens Raven berpeluang memperkuat Timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

"Jadi sangat mungkin, dan ini kita akan bekerja bersama seluruhnya untuk memastikan hal tersebut," kata Dito. 

Dito juga mengungkapkan PSSI sudah mempersiapkan Timnas Indonesia agar maksimal melawan Irak dan Filipina, termasuk pemanggilan kedua pemain bola keturunan ini untuk membela negara. Dia berharap, Indonesia bisa memetik kemenangan di pertandingan kualifikasi tersebut. 

"Saya rasa PSSI sudah lakukan persiapan yang sangat maksimal. Ini kan salah satu dari persiapan proses naturalisasi pemberian kewarganegaraan. Jadi ya kita berharap nanti hasilnya akan membanggakan," kata Dito. 

Diketahui, Komisi X DPR telah menyetujui pemberian pertimbangan pemberian kewarganegaraan bagi Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Komisi III DPR juga telah memberikan persetujuan rekomendasi naturalisasi bagi dua pemain sepakbola yang memiliki garis keturunan Aceh dan Yogyakarta itu.  

Setelah itu, DPR akan memutuskan dalam rapat paripurna untuk kemudian Calvin Verdonk dan Jens Raven mengambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).