Bagikan:

JAKARTA - Empat nama pemain baru dipanggil masuk ke Timnas Indonesia pada menit-menit akhir jelang lawan Vietnam. Keputusan itu diambil Shin Tae-yong menyusul situasi darurat dalam skuad.

Timnas Indonesia akan melakoni laga tandang di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa, 26 Maret 2024, malam WIB. Pertemuan kontra Vietnam itu merupakan agenda lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sehari menjelang laga, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala memutuskan memanggil empat pemain di luar daftar untuk menyusul ke Hanoi.

Keempatnya ialah gelandang Persib Bandung Rachmat Irianto, bek Persija Jakarta Muhammad Ferarri, kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari Sutaryadi, dan kiper Persikabo Syahrul Trisna.

Pemanggilan keempat nama itu dilakukan untuk melapisi tim yang ada dalam situasi darurat. Soalnya, sejumlah pemain tidak dalam kondisi fit akibat terserang virus.

Pratama Arhan, Ivar Jenner, dan Rafael Struick jadi pemain yang kondisinya tidak 100 persen siap dimainkan pada laga krusial ini.

Setelah melawan Vietnam pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret 2024, Arhan dan Jenner bahkan tak diboyong ke Hanoi karena masih pemulihan.

Struick yang sempat drop akhirnya menyusul tim terbang ke Vietnam pada Senin, 25 Maret 2024, meskipun kondisinya dilaporkan belum benar-benar pulih.

Sebelum Struick, Shin Tae-yong lebih dulu memanggil Irianto dan Ferarri pada Minggu, 24 Maret 2024. Hadirnya dua pemain itu bertugas untuk melapisi skuad setelah ditinggal Sandy Walsh akibat akumulasi kartu dan Marc Klok yang mengalami cedera.

Selain Walsh dan Klok yang dipastikan absen, kiper Nadeo Argawinata juga dicoret karena cedera. Tanpa Nadeo, Tim Merah-Putih krisis kiper karena M. Adi Satryo dikabarkan tidak fit.

Sebagai antisipasi, Shin memanggil Ernando Ari pada Senin, 25 Maret 2024, siang. Hadirnya Ernando sepertinya belum membuat sang pelatih tenang dan memutuskan memanggil kiper lain, Syahrul Trisna pada Selasa, 26 Maret 2024, atau 12 jam sebelum sepak mula.

Pemanggilan Syahrul Trisna bukan tanpa sebab. Ernando yang menyusul ke Hanoi pun diketahui tidak dalam kondisi prima karena cedera dislokasi bahunya belum sepenuhnya pulih.

Sementara itu, persiapan Timnas Indonesia memang sempat terganggu karena kondisi fisik pemain.

Namun, asa meraih tiga poin di kandang Vietnam tetap terbuka. Shin Tae-yong optimistis pasukannya pulang dengan poin sempurna selepas kepastian dua pemain naturalisasi, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye, sudah bisa dimainkan.

"Kami sudah melakukan persiapan supaya bisa menampilkan performa bagus di pertandingan. Mungkin akan lebih berat karena kami bermain di kandang Vietnam. Namun, menurut saya kami punya peluang untuk menang," kata Shin Tae-yong.

Motivasi besar menghinggapi Skuad Garuda mengingat laga melawan Vietnam perlu dituntaskan dengan raihan tiga poin.

Kemenangan bak harga mati lantaran memperbesar peluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk menemani Irak.

Sebagaimana diketahui, Irak menjadi tim yang diprediksi kuat bisa lolos ke fase berikut sebagai juara Grup F.

"Banyak pemain Indonesia yang masih belum berpengalaman, tapi saya sadar mereka punya keinginan dan kemampuan untuk menghadirkan performa terbaik."

"Rekor selalu bisa dipecahkan. Kami tidak memenangi laga melawan Vietnam dalam 20 tahun terakhir. Namun, saya yakin rekor itu akan dipecahkan sekarang," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Daftar Empat Pemain Baru Timnas Indonesia

Rachmat Irianto

Muhammad Ferarri

Ernando Ari Sutaryadi

Syahrul Trisna