Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyinggung soal lima pertandingan spesial yang akan terjadi di fase grup Piala Asia 2023. Laga Timnas Indonesia vs Vietnam termasuk di dalamnya.

AFC menyebut pertemuan antara Timnas Indonesia dan Vietnam sebagai laga spesial karena untuk pertama kalinya rival Asia Tenggara ini bersua di Piala Asia 2023.

Dua tim tersebut berada di Grup D bersama Irak dan Jepang. Timnas Indonesia dan Vietnam akan bertemu pada matchday kedua grup pada Jumat, 19 Januari 2024.

“Vietnam dan Indonesia adalah dua tim yang tidak perlu diperkenalkan satu sama lain. Dua tim ini telah berhadapan di Asia Tenggara selama bertahun-tahun."

"Terbaru, kedua tim bertemu di semifinal Piala AFF 2022,” tulis AFC di laman resmi mereka dikutip Rabu, 10 Januari 2024.

“Laga ini masuk kategori spesial karena untuk pertama kalinya dalam 52 tahun bergulirnya Piala Asia, kedua tim asal Asia Tenggara ini bertemu,” lanjut laporan tersebut.

Pemenang Timnas Indonesia vs Vietnam kemungkinan besar bisa memperebutkan tiket 16 besar Piala Asia 2023.

Pasalnya, menurut regulasi berlaku, selain juara dan runner-up grup, ada empat tim peringkat ketiga terbaik yang bisa lolos ke 16 besar.

Skuad Garuda dan Golden Star tampaknya punya kans besar berebut peringkat ketiga terbaik. Soalnya, juara dan runner-up Grup D diprediksi akan menjadi pertarungan untuk Jepang dan Irak. 

Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam dipastikan berjalan seru. Apalagi, jika melihat latar belakang kedua tim.

Vietnam punya modal mumpuni karena pernah menembus babak perempat final edisi Piala Asia 2007 dan 2019, sedangkan Indonesia belum pernah lolos fase grup.

Terlepas dari laga Timnas Indonesia vs Vietnam, empat laga lain yang disebut AFC menjadi pertandingan spasial fase grup Piala Asia 2023 ialah Qatar vs Lebanon, Iran vs Uni Emirat Arab, Australia vs Uzbekistan, dan Arab Saudi vs Thailand.

Laga Qatar vs Lebanon akan menjadi lebih spesial karena akan menjadi pertandingan pembuka Piala Asia 2023. Laga ini dilangsungkan pada Jumat, 12 Januari 2024, pukul 23.00 WIB.