Bagikan:

JAKARTA - Timnas Vietnam menjadi salah satu penghuni Grup D Piala Asia 2023. Mereka menjadi lawan yang bisa diatasi Timnas Indonesia di fase grup.

Secara keikutsertaan, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama unjuk gigi yang kelima di Piala Asia. Namun, Golden Star lebih baik kalau bicara pencapaian.

Skuad Garuda selama empat keterlibatan sebelumnya tak pernah lolos babak grup. Sementara Vietnam pernah menempati semifinalis atau peringkat keempat dua kali (1956 dan 1960) ketika mereka masih menjadi Vietnam Selatan.

Menariknya, pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 menjadi perjumpaan perdana mereka sejak turnamen tersebut digelar pada 1956.

Hanya saja, bicara situasi saat ini, Vietnam dalam kesulitan. Mereka belum lama transisi pelatih kepala dari Park hang-seo ke Philippe Troussier pada Maret 2023.

Adaptasi belum berjalan mulus. Vietnam sudah menjalani sembilan laga bersama Troussier dalam partai uji coba dan Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Pada laga uji coba, Golden Star kalah empat kali dan menang tiga kali. Lalu, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, mereka menang sekali dan kalah sekali.

Catatn itu termasuk partai uji coba terakhr menjelang Piala Asia 2023, Selasa, 9 Januari 2024, ketika Vietnam takluk dari Kirgistan 1-2.

Belum lagi situasi sulit akibat badai cedera. Troussier tak bisa menurunkan skuad terbaik mengingat beberapa pilar senior penting absen. 

Pemilihan pemain untuk Piala Asia 2023 lantas mendapat kritikan dari publik Vietnam. Soalnya, pelatih asal Perancis itu memasukkan beberapa nama pemain U-23. Penampilan di Piala Asia 2023 nanti juga diragukan.

Sejatinya, wajar bila Vietnam belum solid. Mereka sudah lama ditukangi Park Hang-seo sejak September 2017 sehingga masih perlu memahami sistem baru dengan pelatih anyar. 

Ada 55 pertandingan yang sudah dilakoni bersama Park Hang-seo dengan perincian 26 kemenangan, 15 seri, dan 14 kekalahan di semua ajang.

Vietnam sempat menikmati masa kejayaan di beberapa tahun terakhir. Selain juara Piala AFF 2018, Golden Star sempat membuat kejutan di pentas Asia. Mereka mencapai perempat final Piala Asia 2019 meski akhirnya dikalahkan Jepang 0-1.

Pencapaian paling fenomenal bersama Park Hang-seo ialah ketika Vietnam U-23 berhasil runner-up Piala Asia U-23 2018. Sang pelatih juga mengantar Vietnam mencapai semifinal Asian Games 2018 di Indonesia.

Namun, pengganti Park Hang-seo sebetulnya punya portofolio mentereng. Philippe Troussier merupakan eks Pelatih Jepang di Piala Asia 2000 dan Piala Dunia 2002.

Dia mengantar Jepang menjadi juara Piala Asia 2000 dan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2002. Bisa dibilang, masa-masa Philippe Troussier bersama Samurai Biru merupakan awal kemunculan Jepang sebagai raksasa Asia yang sudah bicara banyak di panggung dunia. 

Berkaca dari perjalanan itu, di sisi lain kehadiran Troussier bagi Vietnam punya keuntungan tersendiri. Dia jelas sudah memahami kultur dan gaya bermain Jepang, yang notabene akan menjadi lawan Vietnam di Grup D Piala Asia 2023.

Bisa saja Vietnam membuat kejutan ketika berjumpa Jepang di Grup D Piala Asia. Tentunya dengan catatan, mereka bisa mengatasi adaptasi dan racikan pas tanpa beberpa pilar utama.

Jika kunci Jepang sudah dipegang, beda hal dengan Timnas Indonesia. Troussier masih meraba kekuatan Skuad Garuda bersama Shin Tae-yong. Cuma Park Hang-seo yang memahami bagaimana meredam Timnas Indonesia.  

Tentunya, pertarungan Timnas Indonesia vs Vietnam di Grup D Piala Asia 2023 menjadi partai menarik. Kedua tim diprediksi bersaing untuk berebut peringkat ketiga grup demi berburu empat tiket 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik turnamen.

Soalnya, Iraq dan Jepang diperkirakan akan bertarung di jalur juara dan runner-up Grup D.

Sejauh ini, Vietnam sudah memasukkan 26 nama ke AFC meski masih bisa berubah enam jam sebelum laga perdana grup.

Tak heran, Troussiers masih membawa 30 pemain ke Qatar. Dia masih bisa memilih pemain terbaik untuk masuk skuad final.

Bahkan, nama Nguyen Hoang Duc masih masuk daftar meski dia masih pemulihan ketika Vietnam berangkat ke Qatar pada 5 Januari 2024.

Berikut Daftar 26 Pemain Vietnam di Piala Asia 2023

Kiper

Nguyen Filip (Hanoi Police FC)

Nguyen Dinh Trieu (Hai Phong)

Nguyen Van Viet (SLNA)

Bek

Vu Van Thanh (Hanoi Police FC)

Bui Hoang Viet Anh (Hanoi Police FC)

Giap Tuan Duong (Hanoi Police FC)

Ho Tan Tai (Hanoi Police FC)

Do Duy Manh (Hanoi Club)

Pham Xuan Manh (Hanoi Club)

Vo Minh Trong (Binh Duong)

Nguyen Thanh Binh (Vettel)

Phan Tuan Tai (Viettel)

Gelandang

Nguyen Hoang Duc (Vuettel)

Truong Tien Anh (Viettel)

Do Hung Dung (Hanoi Club)

Nguyen Hai Long (Hanoi Club)

Nguyen Quang Hai (Hanoi Police FC)

Le Pham Thanh Long (Hanoi Police FC)

Nguyen Tuan Anh (Hoang Anh Gia Lai)

Trieu Viet Hung (Hai Phong)

Nguyen Thai Son (Thanh Hoa)

Striker

Pham Tuan Hai (Hanoi Club)

Nguyen Van Tung (Hanoi Club)

Khuat Van Khang (Viettel)

Nguyen Van Toan (Nam Dinh)

Nguyen Dinh Bac (Quang Nam)