Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong ungkap alasan terkait keputusannya yang baru menurunkan Asnawi Mangkualam di babak kedua di laga kontra Iran. Ia melakukan itu untuk melihat kondisi sang pemain.

Timnas Indonesia dan Iran jumpa di laga uji coba ketiga sebagai persiapan tampil di Piala Asia 2023 yang mulai pada 12 Januari mendatang. Sayangnya di laga persiapan yang berlangsung Selasa 9 Januari itu Skuad Garuda kalah 0-5. 

Dalam pertandingan di Al Rayyan Training Site, Qatar,  Asnawi kembali ke lapangan setelah absen di dua agenda uji coba sebelumnya kontra Libya. Namun pemain 24 tahun itu baru dapat menit bermain di babak kedua. 

Soal situasi tersebut, Shin Tae-yong memberikan penjelasan. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan semua keputusan diambil mengingat kondisi Asnawi yang tak terlalu baik sekaligus mengecek performa di lapangan.

“Jadi Asnawi (Mangkualam) kemarin-kemarin ada masalah di otot. (Saat melawan Iran) Memang dia hanya bermain 20 sampai 30 menitan, itu untuk cek kondisinya,” kata Shin Tae-yong soal kondisi Asnawi dikutip dari rilis PSSI pada Rabu, 10 Januari.

Sejatinya kehadiran Asnawi di tim cukup krusial. Selain memang karena menyandang status kapten, sang pemain juga dinilai bisa membantu membangun kekuatan tim. 

Namun demikian, saat Asnawi belum diturunkan, Shin Tae-yong tetap punya pilihan dan menunjuk Jordi Amat untuk mengisi posisi kapten skuad. 

“Dia (Asnawi) memang tidak bisa main dari awal sebagai kapten, jadi wakil kapten Jordi Amat yang jadi kapten disitu (laga kontra Iran),” tambah Shin Tae-yong.

Kehadiran Asnawi yang masuk di babak kedua nyatanya tak banyak mengubah keadaan. Pada akhirnya timnas harus menerima hasil buruk karena kalah 0-5 dari Iran, dimana catatan itu juga menjadi kekalah ketiga bagi timnas selama agenda uji coba persiapan Piala Asia 2023.