Shin Tae-yong Ungkap Alasan Bongkar-Pasang Pemain di Laga Uji Coba Timnas Indonesia
Shin Tae-yong pimpin Timnas Indonesia TC di Turki (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan alasannya soal bongkar-pasang pemain yang dilakukan pada laga uji coba menghadapi Libya.

Timnas Indonesia menghadapi Libya di laga uji coba perdana menjelang tampil di Piala Asia 2023. Partai yang digelar di Titanic Mardan, Turki, itu berakhir 0-4 untuk kemenangan Libya.

Pada laga uji coba ini, Shin Tae-yong memang mengutak-atik susunan formasi demi mencoba banyak pemain.

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan melakukan pergantian 10 pemain sekaligus kecuali kiper Syahrul Trisna pada awal babak kedua.

“Alasan saya memainkan 10 pemain di babak pertama dan kedua karena kedatangan mereka berbeda-beda."

"Ada yang datang 1 Januari 2024, ada yang datang 27 Desember 2023. Ada juga yang datang 20 Desember 2023,” ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual pada Rabu, 3 Januari 2024.

Selama agenda TC dan uji coba di Turki, Skuad Garuda memang tak langsung diperkuat oleh 28 pemain. Bahkan, Justin Hubner, Sandy Walsh, dan Elkan Baggott baru bergabung pada awal Januari 2024.

Khusus Hubner, Shin Tae-yong bahkan memainkannya selama 45 menit di laga uji coba melawan Libya. Namun, sang pemain malah membuat dua blunder yang berujung gol kedua dan ketiga Libya.

Soal hasil akhir, sang pelatih menegaskan bahwa fokus di laga uji coba ini utamanya ialah untuk melihat kondisi seluruh pemain.

“Kalau pemain yang datang dari tanggal 20 Desember 2023 memang latihan fisik terus. Saya tidak melihat skor dan isi pertandingan seperti apa, tapi cek saja kondisi pemain bagaimana. Makanya, saya memainkan semua pemain,” katanya.

Setelah laga uji coba ini, Timnas Indonesia masih akan melanjutkan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan tampil di Piala Asia 2023. Dua laga uji coba lainya juga masih akan dilakoni Skuad Garuda yaitu melawan Libya pada 5 Januari 2024 dan Iran pada 9 Januari 2024.