Timnas Indonesia Vs Timor Leste, Ajang Tepat Terapkan 3 Misi Shin Tae-yong
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan kapten tim Evan Dimas (Twitter.com/@pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba dalam agenda FIFA Matchday kontra Timor Leste pada Kamis malam. Bukan cuma mengejar kemenangan, laga ini pun jadi ajang bagi pelatih Shin Tae-yong untuk menerapkan misi penting.

Misi pertama yang akan diburu Shin Tae-yong adalah untuk memperbaiki peringkat timnas Indonesia di ranking FIFA. Saat ini, Skuat Garuda ada di posisi ke-166 dunia.

Salah satu cara untuk memperbaiki peringkat FIFA adalah dengan melakoni laga yang diakui secara resmi oleh FIFA, salah satunya partai uji coba kontra Timor Leste ini. PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia pun memandang hal ini secara serius.

Demi bisa mendongkrak ranking FIFA timnas Indonesia, PSSI bahkan berusaha mengatur jadwal FIFA Matchday dengan lebih baik. PSSI juga sudah mulai bernegosiasi untuk persiapan duel FIFA Matchday di bulan Maret.

Bergeser ke misi Shin Tae-yong selanjutnya, pelatih asal Korea Selatan itu menjadikan laga melawan Timor Leste ini sebagai persiapan Piala AFF U-23 dan SEA Games. Dua agenda besar itu sudah ditarget PSSI agar Timnas bisa meraih gelar.

Kedua turnamen itu sebelumnya diketahui juga punya jalur yang beriringan, yaitu sama-sama akan memanfaatkan kekuatan pemain di bawah usia 23 tahun. Dengan catatan itu, Shin Tae-yong juga mulai mempersiapkan kerangka tim sejak tahun lalu demi bisa mencari pemain muda yang punya penampilan apik dan bisa mengantar timnas Indonesia ke partai final.

Terakhir, misi yang dimiliki Shin Tae-yong juga cukup penting bagi kelangsungan Timnas. Meski sempat menyebut bahwa Timor Leste bukan lawan yang dia harapkan karena kualitasnya di bawah Skuat Garuda, hal ini juga ada baiknya.

Pasalnya, di laga uji coba nanti Shin Tae-yong bisa memaksimalkan laga lawan Timor Leste untuk membangun kepercayaan diri pemain-pemain depan Indonesia.

Di balik pencapaian timnas Indonesia ke final Piala AFF, Shin Tae Yong mengakui lini depan anak asuhannya masih tergolong lemah. Untuk itu, laga ini akan jadi ajang pencarian striker terbaik.