Uji Coba Indonesia vs Libya: Shin Tae-yong Ingin Kontrol Kondisi Pemain
Shin Tae-yong melihat sejauh mana persiapan Timnas Indonesia menghadapi Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba pertama selama pemusatan latihan (TC) di Turki. Libya akan menjadi lawan latih tanding pada 2 Januari 2024 di Mardan Sports Complex.

Partai itu akan menjadi ajang untuk Shin Tae-yong mengontrol kondisi tim sebagai persiapan Piala Asia 2023.

"Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia 2023. Jadi, segala sesuatunya akan difokuskan ke situ," kata Shin Tae-yong di laman PSSI.

Selain mengontrol kondisi pemain, Shin Tae-yong juga akan melihat sejauh mana sisi taktikal tim berjalan. Pada latihan Minggu, 31 Desember 2023, pelatih asal Korea Selatan itu sempat menggembleng anak asuhnya materi taktikal.

"Latihan tadi untuk mempersiapkan taktikal buat pertandingan menghadapi Libya," kata kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari.

"Latihan taktikal, (salah satunya) build-up untuk menghadapi uji coba lawan Libya," sambung Wahyu Prasetyo.

"Selama TC di sini (kondisi saya) cukup bagus. Kondisi teman-teman juga lebih membaik daripada sebelumnya," ujar pemain asal PSIS Semarang tersebut.

Sementara itu, uji coba melawan Libya rencananya akan digelar dua kali. Satu laga lagi dihelat pada 5 Januari 2024.

Terkait keputusan memilih Libya sebagai lawan tanding, Shin Tae-yong mengaku tidak ada alasan khusus. Dia hanya mencari tim yang tersedia untuk bisa diajak bertanding.

Jika melihat peringkat FIFA pada bulan Desember 2023, Libya menempati posisi 126. Sedangkan, Timnas Indonesia di peringkat 147.

"Jadi, sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya, memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding, tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sudah melakoni TC di Turki sejak 21 Desember 2023. Selepas dua kali melawan Libya, mereka akan bertolak ke Qatar.

Sebelum tampil di Piala Asia 2023 pada 12 Januari-10 Februari 2024, Timnas Indonesia masi punya satu uji coba melawan Iran pada 9 Januari 2024.