Bagikan:

JAKARTA - Pemain depan Mohamed Salah mencetak brace yang membawa Liverpool menang 4-2 atas Newcastle United di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Anfield, Selasa, 2 Januari dini hari WIB.

Laga dengan drama enam gol saat Liverpool menunjukkan performa terbaik di Anfield. Salah juga mencapai milestone dengan mencetak gol ke-150.

Namun bintang timnas Mesir ini kemudian menambah satu gol lagi yang menjadikan dirinya telah mengoleksi 151 gol dalam kariernya bersama Liverpool.

Tak hanya itu, Salah juga membuka sekaligus menutup lewat gol yang membawa Liverpool mengalahkan Newcastle.

Kemenangan itu mengukuhkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan poin 45. Unggul tiga poin dengan Aston Vila yang menempati peringkat dua.

Sedangkan juara bertahan Manchester City yang berada di posisi tiga memiliki poin 40. Hanya, Man City masih menyimpan satu pertandingan sehingga patut diwaspadai Liverpool. Mereka berpeluang membayangi The Reds. 

Arsenal yang sempat memimpin klasemen sudah mulai melempem. Usai dua kekalahan dalam London Derby secara berturut-turut, Arsenal sudah langsung turun peringkat.

Kini, The Gunners yang memiliki poin sama dengan Man City berada di posisi empat. Pasalnya klub London Utara ini kalah selisih gol.

Sementara, Newcastle yang sempat bersaing di papan atas akhirnya terus melorot karena gagal menjaga konsistensi.

Sebelumnya, The Magpies harus mengakui keunggulan Luton Town 1-0. Kekalahan berturut-turut itu menjadikan Newcastle tertahan di peringkat sembilan dengan poin 29.

Dalam duel itu, Liverpool mengawali tahun baru dengan pencapaian gemilang. Tampil sebagai tuan rumah, Liverpool sepenuhnya menguasai permainan itu.

Bahkan penguasaan bola Liverpool 63% yang menunjukkan dominasi atas Newcastle. Hanya saja, Liverpool harus bekerja keras untuk membobol gawang lawan.

Liverpool sesungguhnya membuka kemenangan lewat gol Luis Diaz di menit 19. Dirinya sempat melakukan selebrasi sebelum asisten wasit mengangkat bendera menyatakan bila pemain timnas Kolombia ini offside.

Keputusan asisten wasit dikuatkan lewat VAR. Wasit Anthony Taylor pun membatalkan gol itu.

Hanya berselang beberapa menit, Diaz kembali berperan saat Liverpool mendapat hadiah penalti. Dirinya dijatuhkan kiper Martin Dubravka sehingga wasit menunjuk titik putih di menit 22.

Namun Salah yang menjadi eksekutor gagal menuntaskannya. Eksekusi Salah bisa digagalkan Duibravka sehingga skor tetap 0-0.

Pertandingan kian menarik meski Liverpool lebih menguasai permainan. Namun bukan berarti Newcastle tak pernah membahayakan gawang tuan rumah.

Di menit 38, striker Newcastle Alexander Isak sempat membobol gawang Liverpool. Hanya saja golnya dianulir setelah ditinjau lewat VAR. Isak dinyatakan offside. Skor tidak berubah sampai 45 menit pertama berakhir.

Di babak kedua, Liverpool menunjukkan agresivitasnya menekan pertahanan tim tamu. Kali ini, usaha The Pool tak sia-sia. Salah membayar kesalahannya dengan membobol gawang Newcastle saat pertandingan baru berjalan empat menit.

Gol berawal dari kerjasama Diaz dengan Darwin Nunez yang diakhiri dengan umpan silang striker timnas Uruguay ini ke depan gawang. Salah menyambut assist itu dan menuntaskannya menjadi gol.

Newcastle cepat bangkit mengejar ketinggalan gol. Di menit 54, Isak sukses menaklukkan kiper Alisson Becker.

Berawal dari penetrasi pemain sayap Anthony Gordon pada sisi kiri. Dirinya sempat melewati Ibrahima Konate dan Virgil Van Dijk sebelum melepaskan umpan yang diselesaikan Isak. Skor berubah menjadi 1-1.

Liverpool kembali memberi tekanan kepada tim tamu. Namun pasukan Jurgen Klopp harus menunggu sampai menit 74 untuk kembali unggul. Kali ini, gelandang Curtis Jones yang menyambut assist Diogo Jota.

Dalam kedudukan 2-1, Liverpol tetap bermain menyerang. Keunggulan penguasaan bola menjadikan The Kop cukup mudah menekan pertahanan Newcastle.

Hasilnya, empat menit kemudian, Salah membuat assist yang dituntaskan dengan baik oleh Cody Gakpo. Liverpool pun bisa bernapas lega karena sudah leading 3-1.

Namun Newcastle menolak menyerah. Pertandingan kian memanas setelah serangan mereka mulai mengancam pertahanan Liverpool.

Usaha tim asuhan Eddie Howe pun tak sia-sia. Kali ini Sven Botman yang menyambut assist Sean Longstaff sukses menjegol gawang Alisson di menit 82.

Hanya saja, harapan Newcastle menyamakan skor gagal. kiper Dubravka melakukan kesalahan dengan menjatuhkan Jota di menit 86. Wasit memberikan kartu kuning kepada Dubravka.

Meski demikian wasit tetap meninjau insiden itu lewat VAR. Hasilnya, Taylor menunjuk titik putih. Salah tak melakukan kesalahan dan menuntaskan eksekusi penalti.

Dirinya mencetak brace sekaligus membawa Liverpool unggul 4-2. Skor itu tak berubah sampai akhir laga.