Bagikan:

 

JAKARTA – Balapan mobil paling bergengsi Formula 1 (F1) siap kembali dihelat tahun ini. Ada beberapa tim yang berpotensi mematahkan dominasi Red Bull dalam tiga tahun belakangan.

Red Bull sedang menikmati sukses besar yang belum pernah terjadi di balapan bergengsi ini. Pebalap mereka Max Verstappen sukses membawa tim itu keluar sebagai juara musim 2021, 2022, dan 2023.

Gelar juara tahun ini bahkan diiringi dengan beberapa rekor menarik. Rekor-rekor tersebut membuat dia masuk dalam sejarah sebagai salah satu pebalap terhebat yang pernah ada.

Prestasi dalam tiga tahun terakhir membuat Red Bull kembali masuk perhitungan tahun ini. Meski demikian, rival-rival kemungkinan besar akan memberikan persaingan yang sengit.

Berikut tim-tim yang bisa menyulitkan Red Bull 2024:

Mercedes 

Mercedes berhasil mengamankan posisi kedua dalam kejuaraan konstruktor musim 2023. Mereka berhasil mengalahkan Ferrari dengan hanya selisih empat poin.

Dengan kesuksesan delapan gelar konstruktor berturut-turut antara tahun 2014 dan 2021 sebelumnya dan catatan musim lalu maka wajar menempatkan mereka sebagai salah satu calon saingan berat Red Bull dan Verstappen di 2024.

Ferrari

Penantian Ferrari untuk kembali meraih kesuksesan di F1 masih terus berlanjut. Mobil mereka tahun kemarin begitu sulit untuk dikendarai dan sangat lambat membuat puasa gelar masih harus berlanjut.

Meski demikian, pebalap mereka Carlos Sainz sukses memenangi balapan di Grand Prix Singapura. Itu adalah satu-satunya kemenangan non Red Bull pada musim 2023 kemarin.

Dengan demikian, Ferrari diperkirakan akan menjadi salah satu unggulan pada tahun ini. Mereka akan menjadi salah satu tim yang patut diwaspadai oleh Red Bull.

McLaren

Peningkatan tim ini saat balapan di Grand Prix Austria bersifat transformatif, tetapi membawa mereka dari tim medioker menjadi salah penantang terdekat Red Bull.

Tim ini unggul di sirkuit berkecepatan tinggi. Oleh karena itu, meningkatkan performa di trek lambat akan menjadi salah satu kunci dalam memenangi balapan musim 2024.

Aston Martin

Aston Martin mengejutkan semua orang dengan memulai tahun 2023 sebagai tim tercepat kedua. Sayangnya, catatan ini tidak begitu konsisten sebelum mereka bangkit kembali pada akhir musim.

Meskipun belum cukup menunjukkan bahwa mereka memiliki konsistensi untuk menantang Red Bull, tetapi tetap menjadi perhitungan dalam menatang gelar musim ini.