Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia saat ini tengah berada di Antalya, Turki untuk melakukan pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan untuk tampil di Piala Asia 2023. Selama TC berlangsung materi yang diberikan Shin Tae-yong cukup berat karena fokus di fisik dan mental.

Hal ini diungkap oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali yang turut ikut serta ke Antalya untuk memantau TC timnas.

“Latihannya sendiri lihat di belakang, saya mengikuti sejak awal karena saya ikut bersama di sini," ucap Zainudin Amali dalam video singkat yang dikutip dari rilis PSSI pada Selasa, 26 Desember.

“Pertama, jogging kemudian latihan fisik. Sekarang masuk ke taktik dan teknikal. Saya juga lihat latihannya penjaga gawang luar biasa berat,” lanjut Zainudin Amali.

Timnas Indonesia sudah menjalani TC di Antalya, Turki sejak Jumat, 22 Desember lalu. Agenda ini digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar mulai 12 Januari 2024 mendatang.

Dengan agenda yang bakal berat, Zainudin Amali merasa menu latihan berat yang disiapkan Shin Tae-yong untuk anak asuhnya cukup berimbang agar hasil di Piala Asia 2023 bisa maksimal.

“Tetapi, saya rasa kita harus latihan yang berat. Para pemain harus kerja keras sehingga hasilnya maksimal,” ucap Zainudin.

“Salah satu yang jadi kendala kita fisik dan mental. Di sini coach Shin Tae-yong melatih untuk kekuatan fisik dan mental mereka. Saya kira menu latihan menurut saya cukup,” tambahnya.

Selama pemusatan latihan di Turki, Timnas Indonesia juga akan menggelar dua uji coba melawan Libya. Uji coba melawan Libya pertama akan digelar pada Selasa, 2 Januari pekan depan. Kemudian laga uji coba kedua Indonesia vs Libya di Turki akan digelar pada Jumat, 5 Januari.

Setelah itu timnas Indonesia akan bertolak dari Turki ke Qatar guna menjalani persiapan akhir jelang Piala Asia 2023. Sebelum berlaga di kondisi itu timnas Indonesia akan menjalani uji coba melawan Iran pada 9 Januari di Qatar.