Fokus ke Fisik dan Mental Timnas Indonesia U-23 Jadi Perhatian Jelang Hadapi Irak, Shin Tae-yong Beberkan Alasannya
Pemain Timnas Indonesia U-23 Wita Sulaeman berusaha menembus pertahanan lawan dalam laga melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa Qatar, Senin (30/4/2024). (ANTARA/HO-PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengaku pemulihan fisik dan mental menjadi hal yang difokuskan untuk timnya jelang menghadapi Irak. Shin mengatakan bahwa ada alasan dibalik fokus utamanya itu.

Timnas U23 Indonesia akan melakoni laga kontra Irak dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024. Laga Irak vs Indonesia dalam jadwal Piala Asia U23 2024 berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis, 2 Mei malam WIB. 

Sebelum jumpa Irak, skuad Garuda Muda menghadapi Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2-24 dan berujung kekalahan. Pasca laga itu Shin Tae-yong mengakui mental pemainnya cukup terpengaruh.

Berkaca pada keadaan sebelumnya, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa pertandingan menghadapi Irak bakal berjalan tak mudah bagi timnas Indonesia U-23. 

“Jujur, sulit bagi kami untuk laga besok, apalagi fisik dan mental kami terkuras di laga lawan Uzbekistan,” kata STY dalam sesi jumpa pers jelang laga Irak pada Rabu, 1 Mei. 

Lebih lanjut, pelatih 53 tahun itu mengungkap bahwa saat ini tim akan fokus pada pemulihan mental dan fisik. Menurut Shin Tae-yong, faktor mental dan fisik bakal menjadi faktor krusial saat melawan Irak. 

“Jadi, kami fokus pada pemulihan fisik dan mental. Hal itu akan menjadi penentu bagaimana hasil kami di laga melawan Irak,” ujar Shin Tae-yong.

“Fisik dan mental kami pulih, juga bagaimana semangat kami untuk memenangi laga, itu akan sangat berpengaruh,” beber sang pelatih.

Disamping dua faktor penting itu, Shin Tae-yong juga mengatakan bahwa sejatinya persiapan timnas Indonesia U-23 secara keseluruhan untuk menghadapi Irak sudah sangat baik.

“Saya pastikan persiapan kami sudah matang dan kami menyambut laga melawan Irak dengan semangat positif,” tuturnya.