Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga terkhir putaran kkedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa, 11 Juni 2024, di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Partai ini menjadi penentu kelolosan Skuad Garuda ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kemenangan jelas menjadi harga mati jika ini melanjutkan pejalanan.

Shin Tae-yong menegaskan pasukannya sudah sangat siap memberikan kemenangan sekaligus tiket putaran ketiga kualifikasi.

"Seperti yang kita tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, tidak boleh juga kita mundur dari sini."

"Meski Filipina gagal lolos, pasti mereka tetap akan berjuang keras melawan Indonesia. Demikian pula kami akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada fans sepak bola Indonesia," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers pada Senin, 10 Juni 2024.

Meski mengapungkan keyakinan, Shin Tae-yong dihadapkan isu kerap tersandung di momen penentu. Hal itu berkaca dari keikutsertaan di turnamen sebelumnya.

Timnas Indonesia gagal merebut peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 yang menjadi tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Kegagalan pada momen penentu berikutnya terjadi di playoff Olimpiade Paris 2024. Tampil sebagai peringkat keempat Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia menghadapi Guinea U-23 untuk berburu satu tiket ke Paris.

Hanya saja, Garuda Muda ketika itu juga gagal setelah ditekuk Guinea U-23 yang berujung kegagalan tampil di Olimpiade Paris 2024.

"Ketika kemarin kami tidak bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024, saya tidak berpikir kemampuan kami kurang. Namun, ada permasalahan di wasit. Sampai sekarang, pikiran saya tetap sama."

"Memang banyak pertanyaan tentang masalah Olimpiade Paris 2024 kemarin. Sebenarnya, saya tidak bisa tidur gara-gara merasa tidak adil dan tidak bisa mendapat tiket lolos ke Paris."

"Mungkin saya hanya bisa bicara kepada para pemain bahwa mereka bermain sudah bagus. Kami sebenarnya layak lolos, tetapi tidak demikian kenyataannya," tutur Shin Tae-yong.

Saat ini, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan tak ada lagi kegagalan di momen penentu. Dia yakin pasukannya bisa merebut tiket putaran ketika Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Grup kami saat ini memang yang kemungkinan bisa lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos."

"Indonesia punya lebih besar peluang lolos ke putaran ketiga dibanding Vietnam. Apalagi kami main kandang."

"Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kami tidak kalah jauh dibanding Irak. Saya tidak khawatir jelang pertandingan melawan Filipina karena kami pasti bisa mendapat tiket putaran ketiga," ujar sang pelatih.

Sejauh ini, Shin Tae-yong mengakui persiapan tim menatap laga melawan Filipina sudah sangat baik. Mental penggawanya pun lebih baik.

Mereka sudah melupakan blunder yang menyebabkan kekalahan 0-2 atas Irak.

"Para pemain bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Pastinya kami akan bisa lolos ke putaran ketiga."

"Memang kemarin (lawan Irak) Ernando Ari Sutaryadi melakukan kesalahan fatal. Saya pun mengakuinya. Namun, dengan kesalahan-kesalahan tersebut, para pemain bisa berkembang jadi lebih baik."

"Makanya saya tidak mempermasalahkan kesalahan tersebut. Ernando pun dalam kondisi persiapan baik juga. Jadi, mohon kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk Timnas," tutur Shin Tae-yong.