Timnas U-19 Gelar Latihan Perdana Persiapan Piala Dunia U-20, STY Genjot Fisik dan Mental Pemain
Shin Tae-yong (Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah merilis 40 daftar nama pemain U-19 yang masuk dalam persiapan tim jelang tampil di Piala Dunia U-20 2023. Rabu, 2 Maret, sebanyak 32 pemain telah bergabung untuk mengikuti latihan perdana di Stadion Madya, Senayan.

Kendati baru latihan perdana, Shin Tae-yong sudah menetapkan kriteria apa saja yang ingin ia dapat dari para pemain sebagai modal di Piala Dunia U-20 2023 nanti. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan, ada dua kriteria utama yang ia harap bisa diterapkan para pemain. Itu adalah soal fisik dan mental para Garuda Muda.

“Kami sedang mempersiapkan roadmap, agar kami bisa menyusun pemain agar punya fisik dan mental kuat, jadi di latihan perdana ini fokusnya di sana,” kata Shin Tae-yong seusai memimpin latihan.

Dalam latihan perdana ini, Shin Tae-yong ternyata sudah melihat kekurangan anak asuhnya. Namun, hal itu justru dianggapnya sebagai hal bagus karena semakin dini terlihat maka peluang untuk memperbaikinya akan lebih maksimal sebelum turun langsung di turnamen sesungguhnya.

“Setelah kami lihat (di latihan perdana) bukan satu atau dua hal yg harus diperbaiki tapi banyak sekali,” beber sang pelatih.

Shin Tae-yong menilai hal yang perlu diperbaiki atau dibangun pada skuad timnas U-19 yang paling utama adalah soal mental. Setelah itu ia baru akan menggembleng fisik Garuda Muda agar tak kalah saing dengan calon lawan di Piala Dunia U-20 2023 nanti.

“Yang utama diperbaiki seperti mulai dari mental, setelah itu juga mungkin nanti lawan di Piala Dunia (U-23) posturnya baik dibanding kita, jadi kita juga harus memperkuat fisik dan skill,” tegas Shin Tae-yong. 

Nantinya, pemusatan latihan ini akan berlangsung hingga tanggal 6 Maret mendatang. Setelah itu, timnas U-19 akan bertolak ke Korea Selatan untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan hingga akhir April. 

Agenda itu disiapkan sebagai persiapan jelang tampil di Piala Dunia U-20 2023. Selama di Korea Selatan, timnas juga akan menjalani laga uji coba dengan beberapa klub lokal salah satunya timnas Korea Selatan U-20.