Fisik Pemain Timnas Indonesia Sudah Setara Level Korea tapi Belum soal Mental, Kata Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengakui, kekuatan fisik pemainnya sudah selevel dengan para pesepak bola di Korea Selatan. Tetapi ada hal yang belum membuat sang pelatih puas, yaitu terkait mental.

Pernyataan itu disampaikan Shin Tae-yonh selepas menghadiri Fame K League di Jang Gu pada Selasa, 2 Mei. Dalam kesempatan itu STY menilai fisik para pemain Indonesia termasuk yang bisa dilatih untuk menjadi pemain Korea Selatan.

"Ada kemiripan kondisi fisik (pemain Timnas Indonesia dan Korea Selatan) tetapi lolos ke Piala Dunia adalah hal lain," ucap STY selepas penganugerahan dilansir dari Chosun.

Soal Piala Dunia yang disinggung sang pelatih, hal ini terkait momen di mana Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan diganti dengan Argentina. Momen ini diakui Shin Tae-yong sempat membuatnya frustasi.

Pasca pencoretan status tuan rumah itu, Shin Tae-yong sadar tugasnya juga semakin berat. Apalagi ia juga mesti memperhatikan mentalitas para pemain, di mana aspek inilah yang diakui Shin menjadi pembeda antara pemain timnas dan Korea Selatan karena belum setara.

"Untuk pemain Indonesia, memiliki kondisi fisik yang mirip dengan Korea, namun perlu ditekankan bahwa berada di Piala Dunia sebanyak 10 kali adalah bagian dari mental," ucapnya menegaskan.

Kendati demikian, STY l tak patah semangat. Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengaku akan tetap berada di Indonesia untuk terus mengembangkan dan mengawal para pemain agar lebih baik lagi.

Pasca gagal mengawal tim di Piala Dunia U-20, Shin Tae-yong nyatanya juga masih dinanti banyak tugas. Pelatih 53 tahun itu dalam waktu dekat mesti membantu tim berjuang lolos ke Piala Asia U-23 2024, lolos Olimpiade, lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan tampil di Piala Asia 2023.