Mentalitas Timnas Indonesia yang Kian Teruji, Bukan Lagi Level ASEAN
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kedua dari kanan). (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi mentalitas anak asuhnya saat tampil kontra Burundi. Pujian itu dilontarkan karena Skuad Garuda sukses bekerja sama menghindari kekalahan.

"Secara mental, kami sudah baik, sampai akhir tidak menyerah. Saya apresiasi pemain untuk kekuatan mental mereka ini," kata Shin setelah pertandingan.

Dalam laga kedua FIFA Matchday di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada Selasa 28 Maret, Timnas Indonesia tampil dengan maksimal. Hal itu terbukti dari hasil akhir lawan Burundi yang berkesudahan dengan skor 2-2.

Gol Jordi Amat di menit tambahan babak kedua menyelamatkan tuan rumah dari kekalahan.

Shin memuji perjuangan timnya karena terus memanfaatkan peluang meski di sisa waktu yang sangat sempit. Pujian juga dilontarkan karena para pemain tetap semangat meski tampil saat bulan Ramadan.

"Untuk hari ini para pemain bekerja keras secara keseluruhan, banyak pemain berpuasa sehingga terlihat capek juga tapi mereka bermain dengan baik," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Dari laga kali ini Shin Tae-yong juga mengaku menemukan hal positif dari penampilan timnya. Dia mengaku tinggal memoles mental tim sedikit lagi untuk bisa bersaing di level yang lebih tinggi.

"Jadi selama dua laga ini, saya menemukan beberapa hal positif. Sedikit lagi saja soal mental, pasti bisa jadi tim level Asia. Tidak cuma ASEAN," ungkapnya.