Ini Rencana Ketum PSSI Erick Thohir Selamatkan Jatah Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait Piala Dunia U-20. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir tengah mengatur agenda bertemu langsung dengan FIFA untuk menyelamatkan jatah Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Status Indonesia sebagai tuan rumah ajang kelompok umur tersebut saat ini terancam setelah gelombang penolakan terhadap tim Israel. Penolakan itu membuat FIFA pun sampai membatalkan agenda undian fase grup.

Batalnya agenda tersebut membuka kemungkinan Indonesia bisa dicoret menjadi tuan rumah. Untuk itu, Erick berencana langsung menemui FIFA setelah menerima mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya sudah mendapat instruksi dari Bapak Presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi untuk mencari solusi buat sepak bola Indonesia," kata Erick kepada wartawan di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa malam.

"Ini hal yang tidak mudah dan tentu saya akan berusaha maksimal mungkin. Mohon doa kepada kami semua yang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil terbaik," tambah Menteri BUMN tersebut.

Erick dan rombongan rencananya akan berangkat ke Doha, Qatar, untuk bertemu dengan FIFA. Dia akan berangkat dari Jakarta pada pukul 01.00 Rabu dini hari nanti.

Mantan Presiden Inter Milan itu dijadwalkan tiba pukul 06.00 waktu setempat. Mereka lalu berdiplomasi dengan FIFA siang harinya.

"Ini event FIFA Jadi tentu kami harus mendengar pandangan dari FIFA terlebih dahulu dan seperti apa konsekuensinya di situlah baru kami bisa mulai diskusi mencari ruang bagaimana penyelesaian terbaik. Nanti kita lihat. Rencana pertemuan jam siang di sana," kata Erick.

Sebelumnya sejumlah rumor mencuat dan menyebut bahwa FIFA sebenarnya sudah menocet Indonesia sebagai tuan rumah. Namun, kabar itu juga ditepis oleh Erick.

"Kalau ada pasti tidak mungkin kami tutupi. Pasti ada keterbukaan dan profesionalisme. Kami dari PSSI sangat terbuka sekali. Kami banyak mendengar dari klub dan suporter," kata dia.

Peru sejauh ini disebut menjadi salah satu kandidat yang bisa menggantikan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Selain itu, Argentina dan Qatar juga tertarik menggantikan Indonesia.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei mendatang hingga 11 Juni nanti di enam kota di Indonesia. Total sebanyak 24 negara kontestan sudah memastikan diri lolos.

Itu termasuk Indonesia yang otomatis mendapat tiket karena berstatus tuan rumah. Namun, andai Indonesia gagal menjadi tuan rumah, jatah tiket tersebut sudah pasti akan hilang.