Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dipandang berat. Apalagi, sejumlah besar penggawa Skuad Garuda terbilang pemain muda.

Tergabung di Grup D Piala Asia 2023, Skuad Garuda harus bertarung melawan Irak, Vietnam, dan Jepang untuk berebut tiket ke fase gugur.

Banyak keraguan yang datang ke tim asuhan Shin Tae-yong. Talenta muda Tim Merah-Putih dianggap tak bisa bersaing.

Namun, Shin Tae-yong membantah keras. Dia menegaskan pemain yang dibawanya ke Piala Asia 2023 merupakan talenta terbaik.

Tak ada urusan soal usia. Terpenting, menurut pelatih asal Korea Selatan itu, semua pemain berkembang pesat dan siap bersaing di level Asia.

"Saya pikir semua pemain berkembang pesat. Tim kami punya pemain muda bertalenta. Mereka berkembang dari hari ke hari. Performa mereka lebih baik dari latihan ke latihan," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong lebih lanjut tak terlalu mempermasalahkan demam panggung yang dialami para pemain mudanya.

Dia lebih menyoroti bahwa pemain-pemainnya mau belajar dan memperbaiki mental biar lebih kuat.

"Tidak mudah memang bermain di Asia (Piala Asia 2023). Penampilan lawan berbeda-beda, tapi pemain sudah menonton semua lawan."

"Bicara mentalitas, semua pemain kami punya mentalitas lebih kuat dari sebelumnya. Kami sudah mempersiapkan diri dengan baik."

"Banyak pemain muda di tim kami. Memang sempat lumayan canggung, tapi mentalitas kami lebih kuat," tutur sang pelatih.

Timnas Indonesia akan melakoni laga kedua Grup D Piala Asia 2023 melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat, 19 Januari 2024, pukul 21.30 WIB. Tiga poin menjadi target untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur.