Kemenangan 9-0 atas Taiwan Bukti Timnas Indonesia U-23 Asuhan Shin Tae-yong Terus Berkembang
Timnas Indonesia U-23 menang telak atas Taiwan pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong merasa sangat puas atas kemenangan 9-0 yang diraih timnya atas Taiwan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Bagi Shin Tae-yong kemenangan besar itu jadi bukti tim asuhannya itu terus menunjukan perkembangan positif.

Kemenangan telak yang diraih timnas U-23 atas Taiwan terjadi di laga pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo. Pesta gol pada Sabtu, 9 September malam WIB itu disumbangkan lewat brace Marselino Ferdinan, dan satu gol masing-masing dari Pratama Arhan, Elkan Baggot, Ilham Rio Fahmi, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Hokky Caraka.

"Saya ingin memberikan tepuk tangan kepada para pemain atas kerja kerasnya. Dengan skor yang ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah berkembang, lebih baik dari sebelumnya," ucap Shin Tae-yong usai laga dikutip pada Minggu, 10 September.

Permainan Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Taiwan juga patut diapresiasi. Pada babak pertama Marselino dkk sudah membuat tim lawan kebobolan lima gol dengan permainan yang sistematis.

Penampilan pemain seperti Marselino, Struick, Ivar Jenner, Pratama Arhan, Ramadhan Sananta dan Arkhan Fikri yang padu juga menambah penderitaan skuad Taiwan.

Shin Tae-yong juga membeberkan, hal ini tak lepas dari motivasi yang terus ditanamkannya pada pemain. Sang pelatih selalu menekankan bahwa fokus adalah aspek utama yang harus selalu dijaga pemain.

"Saya memberikan motivasi kepada seluruh pemain bahwa kami pasti bisa, dan pertandingan ini berjalan kreatif dari sebelumnya dan kita bisa menang. Saya tegaskan terus-terusan saat latihan, meeting, bahwa kita harus fokus. Dan para pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik,” ujar Shin Tae-yong.

Kemenangan 9-0 atas Taiwan membuat Timnas Indonesia U-23 untuk sementara berada di puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, unggul selisih gol atas Turkmenistan.

Setelah kemenangan besar ini, skuad timnas masih harus melanjutkan perjuangan karena pada pertandingan kedua, Selasa 12 September mendatang ada Turkmenistan yang harus dihadapi. Pada laga di Stadion Manahan, Solo nanti, hasil imbang sudah cukup bagi Indonesia untuk memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 sebagai juara grup.