Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, meminta agar pemainnya melupakan laga kontroversial dan menyakitkan melawan Qatar U-23. Ia ingin pemainnya bangkit dan bersiap menghadapi Australia U-23 di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 menghadapi Qatar U-23 di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin, 15 April 2024, malam WIB. Pada laga itu Garuda Muda kalah 0-2 dari tuan rumah.

Tim asuhan Shin Tae-yong kalah lewat gol penalti Khalid Ali Sabah (45+1') dan tendangan bebas Ahmed Al Raqi (54'). Laga ini juga diwarnai kontroversi akibat kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov yang dinilai berat sebelah dan lebih menguntungkan tuan rumah.

Kendati kehilangan tiga poin di laga perdana, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi para pemainnya. Dia juga menekankan bahwa Rizky Ridho dan kolega mesti bangkit untuk menatap laga kontra Australia U-23 pada 18 April 2024.

"Saya sampaikan kepada pemain bahwa mereka bekerja dengan baik di lapangan hari ini (saat melawan Qatar) dan tidak kehilangan kepercayaan diri," kata Shin Tae-yong dalam keterangan dikutip pada Selasa, 16 April 2024.

"Kami akan beristirahat (recovery) dan setelahnya melakukan persiapan untuk lawan Australia. Kami harus bangkit dan saya akan mencoba memotivasi mereka (para pemain)," tutur pelatih 53 tahun itu.

Shin Tae-yong kemudian juga menilai bahwa Timnas Indonesia U-23 sejatinya punya kemampuan untuk tampil lebih baik. Meski dicurangi saat melawan Qatar, sang pelatih yakin pemainnya akan berjuang hingga peluit akhir.

"Sepak bola Indonesia terus berkembang. Kami tidak menyerah meski hanya tersisa satu atau dua pemain."

"Kami mempunyai beberapa peluang, tapi belum bisa menyelesaikannya dan akan melanjutkannya di laga mendatang," kata Shin Tae-yong.

Terlepas dari tekad sang pelatih untuk membuat para pemain bangkit di laga kontra Australia, kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar membuat mereka kini berada di dasar klasemen Grup A tanpa poin.

Qatar menduduki puncak klasemen sementara dengan tiga poin. Lalu, Yordania dan Australia berada di posisi kedua dan ketiga setelah kedua tim main imbang 0-0.