Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Kalah 0-4 dari Australia
Shin Tae-yong senang dengan perkembangan pemain Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia harus menerima kenyataan tersingkir dari babak 16 besar Piala Asia 2023 menyusul kekalahan 0-4 dari Australia.

Pada laga di Stadion Jassim bin Hamad, Qatar, Minggu, 28 Januari 2024, sejatinya Skuad Garuda tampil dengan baik.

Shin Tae-yong mengakui bahwa para pemain sudah tampil dengan sangat baik menjalankan instruksi. Tak heran, dia juga mengapresiasi perjuangan pasukannya dan perkembangan signifikan pemain.

Namun, apa daya, penampilan baik saja tak cukup membungkam Australia. Shin Tae-yong mengamini lawan punya jam terbang lebih tinggi dalam segi pengalaman.

"Saya pikir para pemain kami melakukan pekerjaan yang bagus dengan mengikuti instruksi pelatih," kata Shin Tae-yong di konferensi pers setelah laga.

"Tentu saja ada perbedaan pengalaman yang membuat para pemain kami agak kecewa. Saya pikir itu (pengalaman) salah satu alasan mengapa Australia tampil sangat baik hari ini," tuturnya.

Jika melihat catatan statistik soal penguasaan bola, Skuad Garuda menguasai bola sebanyak 48 persen, melakukan lima tembakan yang mana satu di antaranya tepat sasaran.

Boleh dibilang, Australia tak begitu dominan karena Timnas Indonesia juga punya upaya keluar dari tekanan dan menebar ancaman.

Meski hasil akhirnya tak memuaskan, Shin Tae-yong tak menutup mata dengan performa anak asuhnya.

"Terlepas dari gol pertama lawan, saya ingin berterima kasih kepada para pemain saya. Saya sangat senang dengan kinerja kami," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia tak ingin berlama-lama larut dalam kesedihan. Kini Shin Tae-yong mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Vietnam pada Maret 2024.