Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia meraih dua poin dari dua laga awal Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Skuad Garuda bermain seri 1-1 kontra Arab Saudi (6 September 2024) di Stadion King Abdullah dan 0-0 melawan Australia (10 September 2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Hasil itu membuat Shin Tae-yong merasa puas dengan penampilan anak asuhnya. Pasalnya, Timnas Indonesia meraih poin melawan tim berlabel raksasa di Asia.

Raihan dua poin pun membuat publik sepak bola dunia, khususnya Asia, menyoroti penampilan memukau Timnas Indonesia. Kedisiplinan luar buasa penggawa Garuda mencuri perhatian tersendiri.

"Dalam pertandingan melawan Arab Saudi dan Australia, para pemain bermain sangat baik dan menunjukkan penampilan yang bagus. Mereka bermain sesuai dengan apa yang kami rencanakan," kata Shin Tae-yong di laman AFC.

Terbaru ketika menghadapi Australia, rencana Shin Tae-yong mencuri poin juga berhasil. Kedisiplinan dalam pertahanan pun berjalan baik.

Skuad Garuda paham betul dengan nama besar Socceroos sehingga tampil solid dalam bertahan dan memanfaatkan serangan balik untuk meredam lawan.

"Kami tahu Australia lebih baik secara fisik. Jadi, kami bersiap bertahan dulu dan mencoba serangan balik," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Padahal, pada pertemuan terakhir sebelum panggung Kualifikasi Piala Dunia 2026, Australia menghajar Timnas Indonesia 4-0 di Piala Asia 2023 pada Januari 2024.

Namun, dalam rentang sekitar delapan bulan, Timnas Indonesia berhasil memperbaiki diri dan menaikkan level.

Ujungnya, Australia pun dibuat frustrasi dan gagal membobol gawang Skuad Garuda. Dengan penguasaan bola lebih dari 60 persen dan 19 tembakan, anak asuh Graham Arnold kesulitan membongkar pertahanan rapi Indonesia.

Gagal menang melawan Indonesia pun membuat Graham Arnold geram. Soalnya, sejauh dua laga yang sudah dijalani, Australia baru meraih satu poin usai kalah 0-1 melawan Bahran di laga perdana kualifikasi.

"Kami menyia-nyiakan banyak peluang. Kami terus menciptakan peluang, tetapi tidak memanfaatkannya. Sungguh mengecewakan tidak bisa menang dari dua pertandingan pertama kami."

"Namun, masih ada delapan pertandingan lagi yang harus dilalui. Kami akan terus berjuang. Meski begitu, hari ini (melawan Indonesia) adalah hari yang membuat kami frustrasi," kata Graham Arnold.

Sementara itu, keberhasilan mencuri dua poin dari dua tim kuat Asia membuat Timnas Indonesia kian percaya diri menatap laga selanjutnya.

Terdekat, Skuad Garuda akan menghadapi laga kandang melawan Bahrain dan China pada Oktober 2024.

"Secara pribadi, saya sangat puas karena kami melakukan apa yang ingin kami lakukan. Kami akan mempersiapkan diri untuk pertandingan berikutnya melawan Bahrain dan China."

"Sejujurnya, pada pertandingan itu tidak akan jauh berbeda dari apa yang telah kami lakukan," tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat keempat klasemen Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan dua poin.

Jepang masih memimpin klasemen dengan enam poin diikuti Arab Saudi (4 poin) dan Bahrain (3 poin). Peringkat kelima dan keenam dihuni Australia (1 poin) dan China tanpa poin.

Hasil Laga Kedua Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

10 September 2024

Bahrain vs Jepang 0-5

China vs Arab Saudi 1-2

Indonesia vs Australia 0-0