Shin Tae-yong Langsung Alihkan Fokus Timnas Indonesia ke Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia kalah dari Australia di 16 besar Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak ingin timnya larut dalam keterpurukan setelah kalah dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Dia langsung ingin mengalihkan fokus melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Langkah Timnas Indonesia terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah kalah 0-4 dari Australia. Pertandingan babak gugur itu digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Qatar, pada Minggu, 28 Januari 2024, malam WIB.

Setelah laga, Shin Tae-yong kemudian memberikan ucapan selamat kepada Australia yang lolos ke babak delapan besar. Meski kalah, dia juga mengakui bahwa ada banyak pelajaran yang diambil di laga ini.

"Pertama-tama selamat kepada Australia. Kami belajar banyak dari pertandingan ini," kata Shin Tae-yong setelah laga dikutip pada Senin, 29 Januari 2024.

"Sejujurnya, tentang kinerja tim kami, pertandingan hari ini adalah performa terbaik kami," ujarnya.

Setelah kalah dari Australia, Timnas Indonesia harus angkat koper dari Piala Asia 2023. Kendati begitu, sang pelatih tak ingin skuadnya berlama-lama meratapi kekalahan.

Pelatih asal Korea Selatan itu langsung mengalihkan fokus para pemain untuk kembali memberikan yang terbaik saat melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Target selanjutnya adalah kami ingin menang di Kualifikasi Piala Dunia (2026)," tutur Shin Tae-yong.

"Dua pertandingan pertama di Irak dan Filipina, kami menelan satu kekalahan dan satu seri. Jadi, pada Maret (2024) mendatang kami ingin mendapatkan hasil bagus," tuturnya.

Pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam itu merupakan salah satu agenda putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tergabung di Grup F, Tim Merah-Putih harus bersaing dengan Irak, Vietnam, dan Filipina.

Sejauh ini, Skuad Garuda sudah melakoni dua laga. Hasilnya, kalah dari Irak (1-5) dan seri ketika melawan Filipina (1-1). Karena itu, Timnas Indonesia tak boleh kembali kehilangan poin bila ingin menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.