Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat apresiasi dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) berkat keberhasilannya mengantarkan Skuad Garuda melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Alhasil, Shin Tae-yong kini punya julukan baru. FIFA kini memberi julukan pelatih asal Korea Selatan itu The History Maker alias Sang Pembuat Sejarah.

Hal itu diberikan FIFA karena sejak melatih Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong telah membawa banyak perubahan ke arah lebih baik.

Bukan cuma dari segi permainan, sentuhan Shin Tae-yong juga melahirkan pemain muda berkualitas di dalam tim yang dianggap membuat masa depan Skuad Garuda cerah.

Meski sepanjang masa kepemimpinannya Shin belum menyumbangkan trofi, ia telah menorehkan sejumlah prestasi.

Salah satunya adalah meningkatkan peringkat FIFA Indonesia. Semula Skuad Garuda berada di posisi ke-175 pada September 2021, kini menjadi urutan ke-133 pada Juli 2024.

"The History Maker alias Pembuat Sejarah. Inilah julukan yang didapat Shin Tae-yong setelah empat tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia," tulis FIFA di laman resminya dikutip pada Kamis, 5 September 2024.

"Julukan itu datang bukan tanpa alasan mengingat kehadiran juru taktik asal Korea Selatan itu telah memberikan dampak signifikan bagi perkembangan sepak bola di negara Asia Tenggara tersebut," lanjut keterangan.

Sejauh ini, sejarah terbesar yang dibuat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia adalah membawa Marselino Ferdinan dan kolega lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebelumnya, Timnas Indonesia tak pernah sekalipun sukses melangkah sejauh itu. Hebatnya lagi, Skuad Garuda merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Para rival seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand, semuanya berguguran di Putaran Kedua.

"Keberhasilan Indonesia lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia merupakan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," tulis FIFA lagi.

Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan melawat ke kandang Arab Saudi pada 6 September 2024.

Empat hari berselang, pasukan Shin Tae-yong akan melakoni laga kandang menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.