Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada lagi dua legenda sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam nominasi penghargaan Ballon d'Or. Kini generasi anyar yang mendominasi saat Jude Bellingham bersaing rekan sendiri, Vinicius Junor dan Kyian Mbappe memenangkan penghargaan Pemain Terbaik ini.

Pesepak bola dari generasi pasca Messi dan Ronaldo yang mendominasi penghargaan. Ini untuk kali pertama sejak 2003 tidak ada nama dua legenda itu.

Baik Messi yang mencatat rekor terbanyak dengan delapan kali memenanginya dan Ronaldo yang menempati peringkat dua paling banyak setelah meraih penghargaan individu itu sebanyak lima kali sudah memasuki masa pensiun.

Ronaldo, kini, bermain di Arab Saudi dengan memperkuat Al Nassr. Sementara, Messi menepi ke Amerika Serikat dengan bermain di MLS. Kapten timnas Argentina ini membela Inter Miami sebelum menutup kariernya yang panjang.

Messi yang berstatus juara bertahan setelah memenangi Ballo d'Or 2023 sesungguhnya masih berpeluang masuk nominasi di tahun ini. Pasalnya, pemain berusia 36 ini membawa Argentina memenangi sekaligus mempertahankan Copa America 2024.

Namun Messi ternyata gagal masuk nominasi. Sebaliknya, kiper Argentina Emiliano Martinez dan striker Lautaro Martinez yang menjadi nominasi. Martinez yang hanya bermain di klub Aston Villa tetap masuk nominasi karena turut membawa Argentina juara Copa America. Sementara, Martinez juga membawa Inter Milan meraih Scudetto.

Mereka bersaing dengan Bellingham yang meraih gelar ganda, La Liga Spanyol dan Liga Champions, bersama Real Madrid. Hanya saja, Bellingham gagal membawa Inggris memenangi Euro 2024. Bila berhasil juara, maka sudah pasti Ballon d'Or menjadi milik pemain berusia 21 ini.

Bellingham bersaing dengan rekan sendiri Vinicius dan Kylian Mbappe yang membawa Paris Saint-Germain meraih titel Ligue 1 Perancis. Musim ini, Mbappe meninggalkan PSG untuk bergabung dengan Bellingham dan Vinicius di Madrid.

Selain Bellingham, pemain Inggris yang masuk nominasi, di antaranya Harry Kane, Bukayo Saka, Declan Rice, Cole Palmer dan Phil Foden. Namun hanya Foden yang sukses di kompetisi domestik dengan mengantarkan Manchester City mempertahankan titel Premier League Inggris.

Bek Dani Carvajal menjadi satu-satunya pemain yang paling lengkap memenangkan trofi juara. Bek berusia 32 ini tidak hanya membawa Madrid meraih double winners bersama Bellingham dan Vinicius, tetapi dia juga membawa Spanyol memenangi Euro 2024.

Carvajal menjadi kandidat kuat meraih Ballon d'Or. Hanya saja, posisi dia sebagai pemain belakang memang kurang populer sehingga tak mudah untuk memenangkannya. Hanya bek-bek populer seperti Franz Beckenbauer dan Lotthar Matthaus yang bisa memenanginya. Bahkan Matthaus lebih dikenal dengan posisinya sebagai gelandang bertahan ketimbang sweeper. Posisi yang dipopulerkan Beckenbauer.

Sementara, bek-bek legendaris seperti Franco Baresi dan Paolo Maldini, keduanya dari AC Milan, harus puas masuk nominasi saja.

Spanyol yang menjadi juara Piala Eropa mengirim banyak nominasi, di antaranya Nico Williams, Alejandro Grimaldo, Dani Olmo, Rodri dan bintang muda Lamine Yamal. Williams juga membawa Athletic Bilbao meraih gelar juara di Copa del Rey.

Untuk kategori pelatih, Luis de la Fuente yang sukses bersama Spanyol bersaing dengan Lionel Scaloni yang membawa Argentina ke puncak dengan memenangi Piala Dunia 2022, Copa America dua kali. Selain itu, manajer Man City asal Spanyol Pep Guardiola menjadi kandidat.

Nominasi Ballon d'Or untuk pemain pria

Jude Bellingham (Inggris, Real Madrid), Hakan Calhanoglu (Turki, Inter Milan), Dani Carvajal (Spanyol, Real Madrid), Ruben Dias (Portugal, Manchester City), Artem Dovbyk (Ukraina, Dnipro/Girona/ASRoma), Phil Foden (Inggris Manchester City), Alejandro Grimaldo (Spanyol, Bayer Leverkusen), Erling Haaland (Norwegia, Manchester City), Mats Hummels (Jerman, Borussia Dortmund/AS Roma), Harry Kane (Inggris, Bayern Muenchen), Toni Kroos (Jerman, Real Madrid), Ademola Lookman (Nigeria, Atalanta), Emiliano Martinez (Argentina, Aston Villa), Lautaro Martinez (Argentina, Inter Milan), Kylian Mbappe (Perancis, Paris Saint-Germain/Real Madrid), Martin Odegaard (Norwegia, Arsenal), Dani Olmo (Spanyol, Leipzig/Barcelona), Cole Palmer (Inggris, Manchester City/Chelsea), Declan Rice (Inggris, Arsenal), Rodri (Spanyol, Manchester City) Antonio Rudiger (Jerman, Real Madrid), Bukayo Saka (Inggris, Arsenal),

William Saliba (Perancis, Arsenal), Federico Valverde (Uruguay, Real Madrid), Vinícius Junior (Brasil, Real Madrid)

Vitinha (Portugal, Paris Saint-Germain), Nico Williams (Spanyol, Athletic Club), Florian Wirtz (Jerman, Bayer Leverkusen)

Granit Xhaka (Swiss, Bayer Leverkusen), Lamine Yamal (Spanyol, Barcelona)