5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan, Termasuk Ballon d'Or Kedelapan
Pemain timnas Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi, memenangi Ballon d'Or 2023. (Foto: Twitter/@ballondor)

Bagikan:

JAKARTA – Lionel Messi baru saja mendapat Ballon d'Or kedelapan di tahun ini. Penghargaan ini merupakan satu dari beberapa rekor sang pemain yang akan sulit dipecahkan.

Pemain timnas Argentina tersebut menjadi yang teratas mengalahkan dua pesaingnya Erling Haaland dan Kylian Mbappe dalam acara di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa, 31 Oktober 2023 dini hari WIB.

Pemain berjuluk La Pulga tersebut memenangi penghargaan ini setelah membantu Argentina menjuarai Piala Dunia di Qatar pada ujung tahun kemarin.

Prestasi tersebut membuat mantan pemain Barcelona ini mengalahkan Haaland yang meraih treble (trofi Liga Premier Inggris, trofi Liga Champions Eropa, dan FA Cup) bersama Manchester City.

Berikut rekor Lionel Messi yang sulit dipecahkan:

Penghargaan Ballon d'Or terbanyak - 8

Messi sekarang mengoleksi tiga Ballon d'Or lebih banyak dari pemain lainnya. Cristiano Ronaldo, yang kini merumput di Arab Saudi, merupakan saingan terdekat Messi dengan lima penghargaan.

Akan tetapi, di usia 38 tahun dan bahkan tidak masuk dalam daftar 30 pemain terbaik tahun ini, sangat sulit untuk melihat penyerang Portugal ini dapat menyaingi raihan Messi tersebut.

Sementara itu Haaland, pemain Real Madrid Jude Bellingham, pemain depan Real dan Brasil Vinicius Jr memiliki kesempatan untuk bersaing di masa depan.

Meski demikian, masih butuh waktu yang cukup lama untuk dapat menyamai atau melewati Messi. Nama-nama tersebut bahkan agak sulit untuk mengejar Ronaldo.

Gol terbanyak dalam satu musim kompetisi La Liga - 50

50 gol Messi dalam 37 penampilan untuk Barcelona pada 2011/2012 tidak hanya merupakan rekor La Liga, tetapi juga yang terbanyak dalam satu musim di salah satu dari lima liga top Eropa sejak terbentuknya Premier League pada 1992/1993.

Sejak terbentuknya La Liga pada tahun 1929, hanya ada tiga pemain yang berhasil mencapai 40 gol. Messi dan Cristiano Ronaldo melakukannya dua kali dan Luis Suarez melakukannya tujuh tahun yang lalu, terakhir kali rekor tersebut tercapai.

Gol terbanyak di semua kompetisi dalam satu musim - 73

Messi mencetak 73 gol di semua kompetisi untuk Barcelona ini pada musim kompetisi 2011/2012. Rekor ini ini tampaknya tidak dapat dilewati dengan mudah.

Haaland memecahkan berbagai macam rekor dalam debutnya di Premier League musim lalu. Namun, meskipun terlihat selalu mencetak gol setiap pekan, ia mengakhiri musim dengan 52 gol saja.

Nama yang paling dekat dengan rekor ini adalah pemain Everton Dixie Dean. Dia tertinggal 10 gol ketika mencetak 63 gol yang luar biasa di tahun 1927/1928, sebuah rekor liga utama Inggris yang telah bertahan selama 95 tahun.

Gol terbanyak di Liga Champions Eropa untuk satu klub - 120

Messi gagal mencapai rekor sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions Eropa. Dia berada di urutan kedua atau 11 gol lebih sedikit dari Cristiano Ronaldo yang mencetak 140 gol.

Namun, 120 gol Messi untuk Barcelona merupakan jumlah terbanyak yang pernah dicetak oleh seorang pemain untuk satu klub di kompetisi ini.

Ronaldo dengan 105 gol untuk Real Madrid adalah yang terbanyak berikutnya, sedangkan 78 gol Karim Benzema untuk Real berada di urutan ketiga.

Gol terbanyak untuk Argentina - 106

Messi adalah pencetak gol terbanyak di Argentina sejak memulai karier internasionalnya pada tahun 2005.

Dalam rentang waktu itu hingga saat ini, ia telah mencetak 48 gol lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya, Gabriel Batistuta, dan 63 gol lebih banyak dari Sergio Aguero yang berada di posisi ketiga.