Daftar Lengkap Pemenang Ballon d’Or 2023
Peraih Ballon d'Or 2023, Lionel Messi. (Foto: Twitter/@Ballondor)

Bagikan:

JAKARTA - Penghargaan Ballon d’Or 2023 telah digelar pada Selasa, 31 Oktober dini hari WIB. Dari sejumlah nominasi yang dibacakan, Lionel Messi keluar sebagai pemenang dan Erling Haaland merajai kategori lainnya.

Nominasi Ballon d’Or dimenangkan Lionel Messi yang sekaligus menjadi gelar kedelapan bagi sang pemain. Dia mengalahkan dua bintang masa depan, Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Sejak awal La Pulga memang difavoritkan menang dalam penghargaan yang digelar di Paris ini. Keberhasilannya menghantarkan timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar jadi parameter utama. 

Sementara itu, Erling Haaland yang jadi kandidat kuat di bawah Messi untuk meraih Ballon d’Or ternyata tak pulang dengan tangan kosong. Pemain Manchester City ini dinobatkan sebagai striker terbaik atau Gerd Muller Trophy.

Selain Haaland yang dapat penghargaan individu, klubnya yakni Manchester United juga mendapat penghargaan sebagai klub terbaik putra. 

Adapun pemenang Ballon d'Or 202 3 kategori pesepak bola putri terbaik berhasil diraih bintang Barca Femeni, Aitana Bonmati. Tahun lalu penghargaan ini dimenangkan juga rekan setimnya, Alexia Putellas.

Kemudian untuk penghargaan kategori pemain muda terbaik atau Kopa Trophy dinobatkan kepada rekrutan anyar Real Madrid, Jude Bellingham.

Yachine Trophy atau penghargaan kiper terbaik diberikan kepada Emiliano Martinez. Sang penjaga gawang dirasa pantas menerima penghargaan tersebut karena tahun lalu Martinez ikut berkontribusi mengantar timnas Argentina juara Piala Dunia 2022.

Untuk kategori ini, Martinez berhasil mengalahkan dua kiper top lainnya yaitu Ederson yang gemilang bersama Manchester City dan kiper nomor satu Real Madrid Thibaut Courtois.

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Ballon d'Or 2023:

Ballon d'Or 2023: Lionel Messi

Ballon d'Or 2023 Putri: Aitana Bonmati (Barcelona Femeni/Spanyol)

Kopa Trophy: Jude Bellingham

Socrates Prize: Vinicius Junior (Real Madrid/Brasil)

Gerd Muller Trophy: Erling Haaland (Manchester City/Norwegia)

Yachine Trophy: Emiliano Martinez (Aston Villa/Argentina)

Klub Terbaik Putra: Manchester City

Klub Terbaik Putri: Barcelona Femeni.