Jude Bellingham Beberkan Ambisi usai Menang Kopa Trophy
Pemain Real Madrid, Jude Bellingham. (Foto:Twitter/@ballondor)

Bagikan:

JAKARTA – Jude Bellingham ingin mengangkat trofi lebih banyak bersama Real Madrid usai dirinya dinobatkan sebagai pemenang Kopa Trophy 2023.

Pemain internasional Inggris itu memenangi Kopa Trophy dalam acara seremoni Ballon d'Or 2023 di Paris, Perancis, Selasa, 31 Oktober 2023 dini hari WIB.

Bellingham terpilih mengungguli pemain Bayern Munchen Jamal Musiala, duo Barcelona sekaligus mantan pemenang penghargaan ini Gavi dan Pedri, serta rekan setimnya di Real Eduardo Camavinga.

"Ini adalah daftar pemain yang hebat [yang pernah memenangkan penghargaan ini sebelumnya]," ujar mantan pemain Borussia Dortmund tersebut usai jadi pemenang, dilansir BBC Sport.

"Memenangkan trofi ini sangat berarti. Namun, bagi saya yang terpenting adalah trofi tim dan yang penting bagi saya adalah terus maju dan membantu Real Madrid dan Inggris memenangkan trofi selama bertahun-tahun," imbuh dia.

Bellingham memenangi Kopa Trophy berkat setelah mencetak 14 gol dalam 42 penampilan musim lalu bersama Borussia Dortmund serta membantu Inggris mencapai perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain 20 tahun ini adalah pemenang kelima sejak pertama kali diberikan pada 2018 silam. Sebelum ini berturut-turut dimenangi Mbappe (2018), Matthijs de Ligt (2019), 2020 ditiadakan karena pandemi, Pedri (2021), dan Gavi (2022).

"Merupakan suatu kehormatan untuk berada di depan beberapa pemain terbaik dunia di sini dan beberapa pemain terbaik yang pernah memainkan pertandingan ini," kata Bellingham.

Kopa Trophy adalah penghargaan yang diberikan kepada pemain dengan kinerja terbaik di seluruh dunia yang berusia di bawah 21 tahun. Penghargaan ini diberikan bersamaan dalam acara Ballon d'Or . 

Penghargaan ini diberikan oleh France Football dan diambil dari nama mendiang pesepak bola Prancis Raymond Kopa. Pemain ini adalah pemenang Ballon d'Or 1958.

Sementara itu, untuk penghargaan utama Ballon d'Or 2023 sendiri dimenangi oleh Lionel Messi. Ini merupakan kali kedelapan pemain internasional Argentina itu mendapat penghargaan ini.