Bagikan:

JAKARTA - Merek sepeda motor ternama dari Austria, KTM akan berpartisipasi dalam salah satu gelaran sepeda motor terbesar di dunia, Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori atau biasa dikenal sebagai EICMA untuk edisi 2024 pada 7-11 November mendatang.

Ini juga sekaligus menandakan kembalinya pabrikan dalam acara ini setelah vakum selama dua edisi. Nah, KTM tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini dan merencanakan sejumlah peluncuran lini motor terbarunya.

Pabrikan berencana memamerkan serangkaian motor, salah satunya 390 Adventure terbaru bersamaan dengan sejumlah kendaraan konsep. Model tersebut kemungkinan akan diperkenalkan secara global pada 5-6 November mendatang.

Dilansir dari BikeWale, Selasa, 3 September, peluncuran motor tersebut sudah dinanti-nantikan banyak pihak setelah model ini beberapa kali tertangkap kamera foto mata-mata dalam wujud prototipe.

2

Motor tersebut beberapa kali terlihat berkeliling di jalanan di wilayah Pune, India dalam varian Adventure maupun Enduro. Ini juga mengindikasikan bahwa model ini akan memiliki banyak varian untuk pasar global.

Kemungkinan rangka utama dan mesin dari 390 Adventure akan mengambil dari model 390 Duke, namun sub-frame-nya akan berbeda untuk menopang bobot penumpang dan bagasi belakang.

4
390 Adventure model 2024

Selain itu, meskipun 390 Adventure saat ini memiliki bagian ekor yang cukup rapi dan ramping, tampaknya model 2025 akan memiliki unit ekor yang lebih ramping. Bahkan, filosofi desain telah berubah dari sport-tourer jangkung pada model saat ini menjadi mesin bergaya reli pada generasi berikutnya.

Kemungkinan besar motor ini akan ditawarkan dalam versi jalan raya maupun off-road, seperti model sekarang dengan ditawarkan pelek alloy dan jari-jari.

Generasi berikutnya akan mengalami beberapa perubahan, termasuk penurunan dari tangki bahan bakar ke jok tunggal. Hal ini akan mengakibatkan penurunan tinggi jok beberapa mm. Sebagai contoh, Duke 390 2024 memiliki tinggi jok 800 mm, turun dari versi sebelumnya yang mencapai 822 mm.

Namun, ini semua hanya sebatas perkiraan mengenai wujud dan spesifikasi dari 390 Adventure. Teka-teki mengenai kemunculan model ini akan segera terjawab pada gelaran EICMA mendatang.