KTM Luncurkan Varian Terbawah dari Adventure 390
Adventure X390. (Dok. KTM)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kendaraan asal Austria, KTM baru-baru ini merilis motor ringkas bertema petualang terbaru untuk pasar India.

Motor tersebut ialah Adventure X 390, merupakan varian terendah dari model motocross milik KTM sebelumnya, KTM Adventure 390, dilansir dari laman Rushlane, Senin, 1 Mei 2023.

Meski Adventure X 390 merupakan versi terbawah dari Adventure 390 motor ini juga mampu dibawa ke berbagai medan.

Namun Adventure X 390 tidak dilengkapi beberapa fitur canggih seperti varian standarnya, seperti traction control, quick shifter, dan cornering ABS yang dapat membantu pengendara melaju dengan stabil.

Perbedaannya dengan versi standarnya terletak pada instrumen kluster yang digunakan. KTM menyematkan instrumen LCD yang disematkan juga pada Adventure 250. Berbeda dengan varian standarnya yang menggunakan model TFT full color.

Meskipun pada tuas rem tidak bisa diatur, KTM tetap mempertahankan fitur dual ABS yang dapat diatur untuk roda belakang yang dapat membuat motor melaju dalam lintasan off-road.

Dari segi eksterior, tidak terdapat perbedaan antara Adventure X 390 dengan Adventure 390. Pabrikan tetap mempertahankan lampu depan LED, windscreen yang lebih praktis, pelindung mesin, dan pelek alloy.

Agar ramah untuk pengendara bertubuh pendek, KTM masih menggunakan bangku model terpisah. Posisi duduknya sendiri tetap sama seperti Adventure biasa dengan bentuk setang yang lebar khas petualang.

1
Mesin Adventure X390. (Dok. KTM)

Dari segi performa, KTM menyematkan mesin 373 cc berpendingin cairan. Ini dapat menghasilkan daya 42,9 dk dan torsi 37 Nm yang digabungkan dengan sistem transmisi enam percepatan.

Untuk pasar India, KTM mematok harga Adventure X390 sebesar 280.000 rupee atau kisaran Rp52 jutaan punya selisih harga Rp10 jutaan dari Adventure 390 standar.