Bagikan:

JAKARTA - Motor petualang bermesin 300 cc hingga 500 cc sedang menjadi tren di industri kendaraan bermotor. Setelah Royal Enfield meluncurkan Himalayan terbaru, KTM sedang mempersiapkan rivalnya yang lebih tangguh.

Dilansir dari RushLane, Sabtu, 9 Desember, sebuah tangkapan kamera memperlihatkan motor berpetualang KTM sedang diuji coba baru-baru ini. Terlihat model 390 Adventure terbaru telah terlihat dengan beberapa tampilan yang berbeda dari sebelumnya.

Pabrikan motor asal Austria tersebut memberinya pelek wire-spoke berukuran 21 inci pada depan dan 19 inci di belakang. Bagian panel bodi menampilkan desain yang lebih tangguh dan agresif dengan mengambil bahasa desain dari 450 Rally.

Bagian depannya menonjolkan pengaturan lampu depan proyektor ganda, yang diapit oleh pencahayaan DRL LED berbentuk ‘U’ terbalik. Kaca depan juga dioptimalkan agar motor mendapatkan aliran aerodinamis.

Untuk mengoptimalkan berkendara di ranah off-road, ketinggian tempat duduk dibuat lebih tegak dan tinggi. Pijakan kaki juga dibuat lebih tinggi agar mengakomodir kaki pengendara sehingga posisi berkendaranya menjadi lebih ergonomis.

Demi meningkatkan kestabilan berkendara, diberikan suspensi bagian depan garpu teleskopik USD dari WP yang dapat disetel dengan travel yang lebih panjang. Sementara itu, bagian belakangnya menggunakan pengaturan monoshock off-set yang dihadirkan penyesuaian rebound dan preload.

Kemudian, KTM memberinya knalpot yang berasal dari 390 Duke untuk meningkatkan sistem pembuangan yang maksimal. Dihadirkan juga kluster instrument pada bagian sisi pengendara yang lebih modern dari sebelumnya.

Dari segi performa, diperkirakan 390 Adventure memiliki mesin DOHC 4V berpendingin cairan 399 cc yang Bersatu dengan transmisi enam percepatan, sehingga mampu menghasilkan daya hingga 45 bhp dan torsi 40 Nm.

Di India, motor tersebut akan diproduksi di pabrik Bajaj. Meskipun belum ada informasi terkait banderol harganya, motor berpetualang ini akan diluncurkan pada 2024 mendatang di India.