Royal Enfield Persiapkan Model Roadster 450, Usung Mesin yang Sama seperti Himalayan 450
Royal Enfield Roadster 450 sedang diuji coba menjelang peluncurannya. (Dok. BikeWale)

Bagikan:

JAKARTA - Royal Enfield, merek sepeda motor asal India, berupaya untuk memperluas kendaraannya dengan mengembangkan salah satu model dari platform 450 bergaya retro.

Motor terbaru yang akan dinamakan Roadster 450 tersebut sedang diuji coba oleh pabrikan dan tertangkap kamera mata-mata di jalanan sehingga spesifikasi mengenai model ini mulai terungkap.

Dilansir dari BikeWale, Rabu, 28 Februari, motor ini memiliki desain lampu depan bulat dengan tangki bahan bakar yang tebal. Panel samping dihadirkan lebih kecil serta bagian ekornya terlihat ramping seperti model Himalayan.

Sementara itu, bagian suspensi dilengkapi dengan garpu teleskopik dan monoshock preload yang dapat diatur. Roadster 450 akan mengusung pelek 17 inci pada bagian depan dan belakang dengan pola menyerupai model Shotgun 650.

Kemungkinan pabrikan juga menggunakan rem cakram yang sama seperti Himalayan pada bagian depan dan belakang didukung oleh perlengkapan standar sistem Anti-lock Braking System (ABS) saluran ganda.

Bagian posisi pengendara dilengkapi beberapa fitur modern, seperti dial TFT melingkar yang diambil dari Himalayan. Kemungkinan motor terbaru ini mendapatkan kluster LCD melingkar yang dapat terhubung ke Bluetooth.

Berbicara soal performa, Royal Enfield Roadster 450 berpotensi memiliki mesin yang sama dengan Himalayan 450, yaitu silinder tunggal berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga hingga 37 dk dan torsi 40 Nm. Pabrikan juga mengubah kondisi mesin dan persneling demi menawarkan performa dan kemampuan berkendara yang berbeda dari motor ini.

Kemungkinan motor ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan dengan banderol mencapai 240.000 rupee (setara Rp45,3 jutaan) dan akan menjadi rival dari Triumph Speed 400 dan KTM 390 Duke.