BMW Seri-5 Raih Posisi Tiga Teratas Mobil Mewah Terbaik World Car of the Year 2024
BMW Seri-5 dan i5. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Diluncurkan pada bulan Mei tahun lalu, BMW Seri-5 dan i5 dinobatkan posisi tiga terbaik pada gelaran World Car of the Year 2024 pada kategori World Luxury Car bersama dua model dari merek rival, Mercedes-Benz E-Class dan EQE SUV.

Sedan bergaya premium tersebut secara resmi mengalahkan para rival lain dalam kategori tersebut, mulai dari Lexus, Hiphi, Hongqi, Ineos, Nio, dan Voyah.

Menurut lansiran worldcarawards.com, Rabu, 28 Februari, sejumlah mobil yang berpartisipasi dalam penghargaan ini telah memenuhi beberapa persyaratan, mencakup volume produksi minimal 5.000 unit/tahun, diberi harga setara dengan kendaraan mewah di pasar utama, dan dijual setidaknya di dua wilayah antara China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, dan Amerika Serikat dengan sedikitnya dalam dua benua terpisah pada periode 1 Januari 2023 dan 30 Maret 2024.

BMW Seri-5 memiliki desain tiga kotak klasik dengan hood panjang dan aksen Hofmeister kink yang memberikan sentuhan modern. BMW tetap setia menyematkan grill ginjal khas pabrikan, meskipun ukurannya tidak sebesar yang ada pada i4 atau M4.

Mobil ini mengusung teknologi canggih dari dasbor digital dengan layar informasi seluas 12,3 inci yang ditempatkan di belakang setir, serta display kontrol berukuran 14,9 inci yang terintegrasi dengan baik. Layar sentuh Curved Display yang terpasang menggunakan sistem operasi BMW OS 8.5, dilengkapi dengan grafis terbaru dan Quick Select yang memudahkan akses informasi.

Sedan premium ini dibekali dengan mesin 4-silinder yang dapat memproduksi tenaga hingga 208 dk. Varian bensin juga menawarkan penggerak plug-in hybrid dan diesel dengan 6-silinder untuk pasar Eropa.

Sedangkan, BMW i5 sebagai versi listrik dari seri ini dihadirkan dalam dua varian, terdiri dari eDrive40 yang mampu menghasilkan tenaga 335 dk dan torsi 400 Nm dan M60 xDrive dengan daya lebih besar 590 dk dan torsi 743 Nm.

Kedua varian ini dilengkapi dengan baterai bertegangan tinggi berkapasitas 84,3 kWh, memungkinkan BMW i5 eDrive40 untuk menempuh jarak hingga 474 km dengan satu kali pengisian daya. Sementara itu, saat baterainya terisi penuh varian i5 M60 xDrive dapat menempuh jarak hingga 411 km.

Mercedes-Benz E-Class dan EQE SUV 

2

Mobil mewah ini membawa desain khas merek dengan wheelbase yang panjang, sehingga hampir menyerupai sebuah limousin. Sedan ini juga dilengkapi beberapa perangkat canggih.

Terdapat lima kamera pada bagian interior, satu kamera untuk memantau pengemudi untuk selalu memperhatikan jalan, dua lensa kamera yang dapat membantu sistem pengemudi tingkat lanjut, lalu ada kamera gerakan di panel kontrol overhead adalah bagian dari fitur MBUX Interior Assistant.

Yang terakhir terdapat dua kamera RGB dengan satu kamera di dasbor dan satu kamera selfie ini yang buat video conference seperti Zoom dan bahkan membuat video TikTok di dalam mobil.

Pabrikan berjuluk ‘panah perak’ ini menawarkan dua trim pada model ini, salah satunya E 350 dibekali dengan mesin 2,0 liter 4-silinder dengan motor listrik sistem mild-hybrid, sehingga mampu memompa tenaga 255 dk dan torsi 399 Nm.

Selain itu, tersedia juga E 450 yang menawarkan mesin 6-silinder segaris turbo bergabung dengan sistem mild-hybrid yang mencapai tenaga hingga 375 dk dan torsi 500 Nm.

3

Terakhir adalah Mercedes-Benz EQE SUV yang merupakan satu-satunya kendaraan utilitas dalam urutan tiga besar kategori World Luxury Cars ini. Model ini berbagi arsitektur dengan EQE versi sedan, yakni Electric Vehicle Architechture (EVA) yang dikembangkan oleh perusahaan.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan lampu depan Digital Light serta mendapat sentuhan dari AMG Line pada bagian bumper depan dan dihadirkan dengan gagang pintu high-gloss chrome.

Mirip dengan SUV EQS, SUV EQE hadir dengan suspensi udara Airmatic dengan peredam ADS+ yang dapat disesuaikan, juga dilengkapi dengan kemampuan manuver yang luar biasa.

Salah satu variannya, yaitu EQE 500 4Matic dibekali dengan motor listrik ganda menawarkan tenaga 402 dk dan torsi 858 Nm yang dapat memacu akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,9 detik. Mercedes-Benz memberinya baterai 90,6 kWh yang memberikan jangkauan 552 km.