Bagikan:

JAKARTA - BYD Seal dinobatkan dalam posisi tiga terbaik dalam gelaran World Car of the Year 2024, bersama Kia EV9, dan Volvo EX30.

Dikutip dari laman worldcarawards.com, Selasa, 27 Februari, ketiga mobil ini memperoleh penilaian terbaik dan mengalahkan produsen pesaing, seperti Ford, Hyundai, Mazda, Subaru, Toyota, dan Volkswagen.

Semua mobil yang mengikuti penghargaan ini telah memenuhi sejumlah persyaratan, terdiri dari volume produksi minimal 10.000 unit/tahun, memiliki banderol harga di bawah mobil mewah di pasaran, serta harus dijual setidaknya di dua pasar utama, mencakup China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, dan AS atau setidaknya dalam dua benua berbeda dalam periode 1 Januari 2023 hingga 30 Maret 2024.

Tidak hanya itu, kendaraan yang berada di kategori lain juga dapat menjadi pesaing dalam kelas ‘World Car of the Year’ secara keseluruhan, tergantung dari persyaratan yang telah ditetapkan.

Mobil seperti BYD Seal telah memenuhi persyaratan tersebut. Bersaing di kelas sedan listrik menengah, mobil ini mengusung bahasa desain Ocean Aesthetic dengan memiliki dimensi panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.460 mm.

Sedan ini memiliki sistem layar sentuh multimedia 15,6 inci yang dapat melakukan rotasi demi memudahkan pengguna melakukan penyetelan kabin. Selain itu, sistem keselamatan multi-dimensi melibatkan keamanan baterai dari blade battery, airbag, ADAS, dan kamera 360 untuk visibilitas tinggi. BYD Seal memiliki kredensial keselamatan yang sangat baik dengan peringkat bintang 5 dari Program Penilaian Mobil Baru Eropa (Euro NCAP).

BYD Seal hadir dengan dua tipe roda penggerak: empat penggerak untuk mode performa dan dua penggerak untuk mode hemat yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan berkendara. Akselerasi yang sangat cepat, 0-100 km dalam waktu 3,8 detik, dan jarak tempuh hingga 650 km dalam satu kali pengisian penuh baterai.

4
Kia EV 9. (Dok. Kia)

Kemudian, mobil tiga teratas lainnya seperti Kia EV9 juga tidak kalah menarik. Menggunakan bahasa desain ‘Bold for Nature’, SUV ini dianggap sebagai tonggak bagi desain kendaraan listrik di masa depan. Mobil ini memiliki dimensi besar dengan panjang 5.015 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.780 mm, serta wheelbase mencapai 3.100 mm.

Di dalam kabin, terdapat tiga layar, termasuk kluster instrumen 12,3 inci, layar sentuh kontrol iklim 5,3 inci, dan layar sentuh navigasi 12,3 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi, Kia juga menyediakan fitur-fitur seperti Smart Cruise Control, Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCCA) dengan Rear-Cross Traffic Assist (RCTA), pandangan 360 derajat melalui monitor, dan sembilan airbag yang tersebar di tiga baris kabin.

Salah satu varian teratasnya, EV9 GT-Line memiliki baterai dengan daya jangkauan hingga 495 km dalam sekali pengisian daya. Berbicara soal performa, mobil ini dilengkapi penggerak semua roda (AWD) dan mampu mencapai tenaga puncak 372 dk dan torsi 700 Nm.

4
Volvo EX30. (Dok. Volvo Cars)

Sementara itu, Volvo EX30 merupakan SUV listrik kecil yang berdiri di atas platform SEA yang dikembangkan oleh Geely Group. Mobil satu ini memiliki dimensi panjang 4.233 mm, lebar 1.838 mm dan tinggi 1.555 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm, serta dilengkapi dengan layar berorientasi potret pada bagian kabinnya.

Volvo EX30 entry-level memiliki motor listrik berkekuatan 268 dk yang dipasangkan dengan baterai LFP 69 kWh, mampu menempuh jarak WLTP sejauh 480 km. Versi motor ganda dapat menempuh jarak 460 km.