Bagikan:

TANGERANG - Volvo Cars Indonesia meluncurkan EX30 dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil ini menandai kiprah pabrikan dalam peralihan ke elektrifikasi sepenuhnya.

Model tersebut diposisikan sebagai EV dengan harga terjangkau di Eropa dan Amerika Serikat dengan kisaran harga 40 ribu dolar AS (setara Rp648 jutaan) dan EX30 juga menang penghargaan 2024 World Urban Car serta satu dari tiga mobil terbaik di dunia dalam nominasi ajang New York International Auto Show.

General Manager Volvo Cars Indonesia Haryanto Djayaputra, mengatakan hadirnya EX30 sekaligus menjawab permintaan pasar yang menginginkan SUV berukuran kompak.

“Permintaan akan SUV kompak listrik sangat besar secara global, maka dari itu kami memperkenalkan EX30 dengan dua varian,” kata Djayaputra di ICE BSD, Tangerang, Jumat, 19 Juli.

EX30 juga dirancang dengan desain yang menawan. Tampilannya yang modern dan elegan menggabungkan gaya yang khas dari Volvo dengan elemen-elemen futuristik. Kabinnya yang luas dan nyaman menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi pengemudi maupun penumpang.

Volvo EX30 memiliki dimensi yang kompak, dengan panjang 4.223 mm, lebar 1.937 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase 2.650 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek alloy 18 inci, lampu depan LED, sistem kontrol iklim satu zona, bangku depan yang dapat diatur, dan layar tengah 12,3 inci yang mengendalikan berbagai fungsi. Sistem infotainmentnya juga mendukung koneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

EX30 ditawarkan pada varian Plus dan Ultra di Indonesia. Kedua varian ini memiliki sejumlah performa dan jarak tempuh yang mengesankan dengan pilihan versi Single Motor dan Single Motor Extended.

Volvo menawarkan EX30 dengan jangkauan hingga 476 km menurut WLTP dengan pilihan baterai NMC dan LFP. Mobil ini dilengkapi kemampuan pengisian DC cepat, memungkinkan baterai terisi dari 10% hingga 80% dalam waktu sekitar 26 menit.

Kemudian, performanya didukung dengan motor listrik tunggal berpenggerak roda belakang dengan tenaga 200 kW dengan mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,3 detik.

Berbicara harga di Indonesia, EX30 dibanderol mulai dari Rp890 juta hingga Rp1,160 miliar On The Road DKI Jakarta untuk pasar tanah air.