Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah produsen otomotif tengah mempersiapkan diri untuk berpartisipasi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang akan berlangsung pada 18-28 Juli mendatang di ICE BSD, Tangerang. Mereka akan memperkenalkan kendaraan terbaru, salah satunya Volvo.

PR & Marketing Volvo Cars Indonesia Ratih Perdanakusuma, mengatakan bahwa pihaknya bakal membawa lima unit display, dua model Plug-In Hybrid (PHEV) dan tiga model Battery Electric Vehicle (BEV), salah satunya adalah kendaraan teranyar yang akan diluncurkan di GIIAS 2024.

"Kami akan membawa lima unit display beserta satu line up baru yang akan kami perkenalkan di GIIAS nanti," kata Ratih di Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Juni.

2
EX30

Kemungkinan menurut VOI model terbaru tersebut ialah EX30 yang telah diluncurkan secara global pada pertengahan tahun lalu. Ini terlihat dari teaser yang diberikan oleh pihak Volvo dalam presentasi menjelang GIIAS tahun ini.

Volvo EX30 merupakan salah satu produk elektrifikasi yang dijual secara global. Mobil ini disebut sebagai kendaraan listrik berukuran kompak dengan harga terjangkau dari pabrikan asal Swedia ini.

Hadirnya model ini bertujuan untuk menghadirkan mobilitas listrik premium sepenuhnya ke audiens yang lebih luas, membantu memajukan dan mempercepat transisi ke elektrifikasi penuh yang dibutuhkan industri dan masyarakat.

EX30 juga dirancang dengan desain yang menawan. Tampilannya yang modern dan elegan menggabungkan gaya yang khas dari Volvo dengan elemen-elemen futuristik. Kabinnya yang luas dan nyaman menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi pengemudi maupun penumpang.

Volvo EX30 memiliki dimensi yang kompak, dengan panjang 4.223 mm, lebar 1.937 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase 2.650 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek alloy 18 inci, lampu depan LED, sistem kontrol iklim satu zona, bangku depan yang dapat diatur, dan layar tengah 12,3 inci yang mengendalikan berbagai fungsi. Sistem infotainmentnya juga mendukung koneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Di pasar luar, pabrikan menyediakan tiga opsi powertrain dan dua jenis baterai yang memiliki keunggulan berbeda.

Dua varian pertama, yaitu Core dan Ultra Single Motor Extended Range, menggunakan baterai NMC yang berisi lithium, nikel, mangan, dan kobalt. Baterai ini lebih efisien daripada varian LFP. Varian dengan motor tunggal ini memiliki jangkauan hingga 480 km dalam sekali pengisian daya.

Kedua varian ini menggunakan motor tunggal dengan tenaga sebesar 268 dk dan torsi 343 Nm, memberikan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 5,3 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 180 km/jam.

Sementara itu, varian Ultra Twin Motor Performance menggunakan dua motor listrik yang menghasilkan tenaga total 422 dk dan torsi maksimal 543 Nm. Hal ini memungkinkan EX30 untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik, dengan jarak tempuh hingga 460 km menurut siklus WLTP.