Bagikan:

TANGERANG – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 semakin semarak dengan kehadiran deretan Sport Utility Vehicle (SUV) listrik yang memukau. Dominasi kendaraan listrik dalam pameran ini menjadi bukti nyata pergeseran tren otomotif menuju era elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan.

Tak hanya ramah lingkungan, SUV listrik yang dipamerkan juga menawarkan beragam fitur canggih dan desain futuristik yang mampu memenuhi kebutuhan mobilitas modern. Bagi yang mencari kendaraan serbaguna dengan performa andal dan emisi nol, berikut adalah lima model SUV listrik yang wajib dipertimbangkan.

Berikut daftar modelnya berdasarkan pantauan VOI, Jumat, 26 Juli:

Chery iCar 03

Sukses luncurkan Omoda E5 beberapa waktu lalu, Chery kini kembali dengan penawaran SUV listrik baru dengan meluncurkan iCar 03 di GIIAS 2024. Di China, mobil ini memiliki nama Jaecoo J6.

Pabrikan dari China ini mengeklaim bahwa mobil ini dirancang untuk bisa melewati berbagai rintangan, termasuk dalam arena offroad. Mobil ini dirancang dengan tinggi 1.855 mm panjang 4.338 mm dengan jarak sumbu roda dan bemper depan dan belakang lebih pendek, bisa menciptakan sudut yang lebih luas untuk manuver di jalan rusak.

Berbicara soal performanya, iCar 03 memiliki dua pilihan penggerak di pasar luar, mulai dari penggerak roda belakang (RWD) berkekuatan 137 kW dan empat roda (4WD) dengan tenaga 208 kW.

Meskipun memiliki dimensi yang kompak, namun mobil ini memiliki kapasitas baterai cukup besar hingga 69,8 kWh dari CATL yang sanggup berikan daya jelajah hingga 500 km dalam sekali pengisian daya.

Sayangnya, PT Chery Sales Indonesia (CSI) belum umumkan harga resmi dari mobil tersebut. Namun, pihak APM telah membuka masa pra-pemesanan di GIIAS 2024 dengan hanya membayar Rp10 juta saja.

Neta X

8

Neta kembali membuat gebrakan dengan menghadirkan model Neta X ke pasar otomotif Indonesia setelah sukses luncurkan V dan V-II.

Berbeda dari dua model sebelumnya, Neta X usung gaya SUV sehingga memiliki dimensi yang lebih besar serta memudahkan kebutuhan utilitas para kaum urban. Tidak hanya itu, mobil tersebut dihadirkan dengan desain futuristis.

Neta X hadir dengan dimensi panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi mencapai 1.628 mm serta konfigurasi lima tempat duduk. Dengan demikian, ini menjawab kebutuhan pelanggan Indonesia yang inginkan sisi kepraktisan yang maksimal.

Soal performa, mobil ini memiliki penggerak listrik berkekuatan 120 kW dan torsi 210 Nm yang menawarkan respons instan namun tetap mengutamakan kenyamanan.

Mobil tersebut juga memiliki baterai berkapasitas besar hingga 63,56 kWh yang diklaim dapat menempuh jarak sejauh 480 km dalam sekali pengisian daya dan menjadi salah satu yang tertinggi di kelasnya.

PT Neta Auto Indonesia belum ungkapkan harga resmi kendaraan ini. Namun, pabrikan dari China ini mengumumkan pre-booking untuk Neta X dengan harga Rp460 juta hingga Rp490 juta untuk konsumen tanah air.

GAC Aion Y Plus

8

GAC Aion merupakan salah satu pendatang baru dalam industri otomotif Indonesia. Meskipun demikian, produk yang ditawarkan tidak main-main. Model bernama Y Plus menandai awal kiprah pabrikan ini di pasar tanah air.

Mobil berwujud compact crossover SUV ini memiliki dimensi panjang 4.535mm, lebar 1.870mm, tinggi 1.650mm, serta wheelbase 2.750mm. Secara tampilan, eksterior GAC Aion hadir dengan kombinasi gaya yang menarik, membuatnya terlihat mencolok.

Pabrikan berbasis di Guangzhou, China juga membekalinya dengan teknologi magazine battery 2.0 yang revolusioner dan merupakan yang paling aman di dunia, hal ini direpresentasikan melalui Aion Y Plus. Dengan hadirnya keandalan dalam penyimpanan energi ini, para pengguna dapat menghemat waktu pengisian energi yang dapat dicapai dengan waktu pengisian sekitar 45 menit dari nol hingga 100 persen.

Dibangun di atas platform AEP 2.0, mobil tersebut memiliki motor listrik berkekuatan 150 kW dan torsi 225 Nm. Di pasar Indonesia, Y Plus akan hadir dalam dua varian baterai yakni 63,2 kWh pada tipe Premium yang memberikan daya jangkau 490 km dan Exclusive dengan baterai 50,6 kWh memiliki kemampuan jarak tempuh 410 km.

GAC Aion Y Plus hadir di Indonesia dengan harga yang kompetitif mulai dari Rp415 juta untuk tipe Exclusive dan Premium senilai Rp475 juta On The Road DKI Jakarta.

Hyundai all-new Kona Electric

7

Sukses dengan Ioniq 5, Hyundai kembali melakukan manuver di pasar EV Indonesia dengan hadirkan generasi terbaru dari Kona Electric. Mobil ini memiliki perubahan yang signifikan bila dibandingkan sebelumnya.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi mencapai 1.570 mm, sekaligus merepresentasikan utilitas namun tidak menghilangkan unsur ringkas pada Kona.

Dari segi penampilan, pabrikan dari Korea Selatan ini memberi sentuhan futuristis pada all-new Kona Electric dengan profil yang lebih bersih dari generasi sebelumnya. Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis dari model ini.

Dari segi performa, mobil ini ditawarkan dengan motor listrik berkekuatan 114,6 kW hingga tertingginya mencapai 160 kW serta baterai berkapasitas 48,9 kWh hingga 66 kWh yang dapat menempuh jarak 448 km sampai 602 km dalam keadaan baterai penuh.

Hyundai all-new Kona Electric ditawarkan dalam lima varian, yakni Style, Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range dengan harga mulai dari Rp499 juta hingga Rp590 juta On The Road DKI Jakarta.

Volvo EX30

6

Volvo, pabrikan otomotif dari Swedia kembali menarik perhatian di pasar elektrifikasi Indonesia dengan menghadirkan EX30. Mobil ini merupakan SUV kompak pertama yang pernah dihadirkan oleh merek tersebut.

Model tersebut diposisikan sebagai EV dengan harga terjangkau di Eropa dan Amerika Serikat dengan kisaran harga 40 ribu dolar AS (setara Rp648 jutaan) dan EX30 juga menang penghargaan 2024 World Urban Car serta satu dari tiga mobil terbaik di dunia dalam nominasi ajang New York International Auto Show.

EX30 juga dirancang dengan desain yang menawan. Tampilannya yang modern dan elegan menggabungkan gaya yang khas dari Volvo dengan elemen-elemen futuristik. Model ini memiliki dimensi yang kompak, dengan panjang 4.223 mm, lebar 1.937 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase 2.650 mm.

Volvo tawarkan model ini dalam dua varian, yakni Plus dan Ultra. Kedua tipe ini memiliki sejumlah performa dan jarak tempuh yang mengesankan dengan pilihan versi Single Motor dan Single Motor Extended.

Volvo menawarkan EX30 dengan jangkauan hingga 476 km menurut WLTP dengan pilihan baterai NMC dan LFP. Kemudian, performanya didukung dengan motor listrik tunggal berpenggerak roda belakang dengan tenaga 200 kW

Untuk pasar tanah air, Volvo EX30 dibanderol mulai dari Rp890 juta sampai Rp1,160 miliar On The Road DKI Jakarta.