Bagikan:

JAKARTA - Mini Cooper generasi terbaru telah diluncurkan pada gelaran IAA Mobility Show di Jerman pada September tahun lalu dengan bergaya tiga pintu. Kini, pabrikan juga merilis versi lima pintu yang mengedepankan sisi kepraktisan.

Melansir laman BMW Group, Kamis, 13 Juni, Cooper generasi terbaru lima pintu ini miliki panjang 4.036 mm, lebar 1.744 mm, dan tinggi 1.464 mm. Dibandingkan dengan tiga pintu, versi ini memiliki wheelbase lebih luas 72 mm dan bodi lebih panjang 172 mm.

Hal yang membedakannya dengan tiga pintu ialah pada pillar-B. Untuk mengakomodasi pintu tambahan, Mini menambahkan 2,8 inci pada jarak sumbu roda Cooper dan meregangkan bodi hampir 7 inci.

Ruang kaki untuk penumpang di kursi belakang tidak disebutkan, namun Mini memberitahu bahwa ada ruang kargo hingga 32,6 kaki kubik (923 liter) dengan kursi belakang dilipat, di mana lebih besar dari tiga pintu yang hanya 28,2 kaki kubik (798 liter).

3

Perihal desainnya, versi lima pintu memiliki banyak kesamaan dengan versi tiga pintu. Lampu depan terlihat lebih lebar dengan dua garis horizontal pada bagian atas dan bawah lampu.

Juga pada bagian belakang berubah, Mini menyematkan lampu belakang terbaru yang lebih mengecil dan membentuk segitiga. Ini jelas berbeda bila dibandingkan dengan pendahulunya yang memakai lampu oval yang besar.

4

Pabrikan dari Inggris ini juga mengungkapkan bagian interior terlihat lebih sederhana dengan layar melingkar berukuran 9,4 inci di tengah dasbor yang telah menjadi ciri khas Mini yang berfungsi sebagai infotainmen dan instrumen.

Layar tengah pada dasbor telah dioperasikan dengan Mini Operating System 9, yang dikembangkan oleh BMW Group dan didasari dari perangkat lunak Android Open Source Project (AOSP).

Berbeda dengan tiga pintu, Cooper versi lima pintu hanya tersedia dalam powertrain mesin pembakaran internal (ICE). Pada varian C memiliki mesin 3-silinder yang mampu menghembuskan tenaga 156 dk dan torsi 230 Nm, sehingga mampu berjalan dari 0 ke 100 km/jam dalam 8 detik dengan kecepatan tertinggi 225 km/jam.

Tipe berikutnya ialah S dengan mesin lebih besar 4-silinder berkekuatan 204 dk dan torsi 300 Nm, yang mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,8 detik dengan kecepatan tertinggi 242 km/jam.

Sayangnya, Mini belum mengungkapkan kapan masa penjualan dan harga dari mobil bergaya hatchback tersebut.